6 Suplemen Vitamin D untuk Ibu Hamil yang Bagus

Vitamin D untuk ibu hamil bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin serta menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D saat hamil, tubuh Bunda akan sehat dan tidak gampang sakit selama mengandung Si Kecil.

Kebutuhan vitamin D harian yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah sekitar 15 mcg atau 600 IU per harinya. Asupan vitamin D tersebut sebenarnya bisa Bunda peroleh dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15–20 menit. Biar tidak terlalu panas, usahakan untuk berjemur di sekitar jam 8–10 pagi.

Selain itu, Bunda juga dapat mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, seperti ikan, daging merah, telur, hati sapi, jamur, kacang-kacangan, dan sereal yang difortifikasi vitamin D.

Namun, jika jumlah asupan vitamin D dari makanan masih dirasa tidak cukup, Bunda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D untuk ibu hamil. Namun, sebelum Bunda mengonsumsinya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Bun.

Pilihan Vitamin D untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah pilihan suplemen vitamin D untuk ibu hamil yang dapat Bunda konsumsi:

1. Cavit D3

Cavit D3 merupakan suplemen vitamin D untuk ibu hamil yang bisa jadi pilihan Bunda. Dengan kombinasi kalsium fosfat dan cholecalciferol (vitamin D3), vitamin ini dapat membantu mengatasi kekurangan kalsium dan vitamin D yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan saraf.

Pada masa kehamilan, suplemen ini bermanfaat untuk mencegah preeklamsia sekaligus menjaga kesehatan janin. Cavit D3 dapat dikonsumsi 1 tablet, 1 kali sehari ya, Bun.

2. Wellness Vitamin D3

Wellness vitamin D3 mengandung cholecalciferol yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada ibu hamil. Suplemen ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara kesehatan tulang, serta mendukung kerja otot, jantung, dan pembuluh darah.

Tidak hanya manfaat itu saja, Bun, Wellness vitamin D3 juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Wellness Vitamin D3 bisa digunakan sebagai vitamin D untuk ibu hamil. Bunda dapat mengonsumsi Wellness Vitamin D3 sebanyak 1 kapsul lunak per hari.

3. Nature’s Plus Vitamin D3

Pilihan vitamin D untuk ibu hamil lainnya adalah Nature’s Plus Vitamin D3. Suplemen vitamin ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk Bunda dan Si Kecil, seperti menjaga daya tahan tubuh, memperkuat tulang dan otot, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Nature’s Plus Vitamin D3 bisa diminum 1 kapsul sehari ya, Bun.

4. Blackmores Vitamin D3

Blackmores Vitamin D3 bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian pada ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin D di dalamnya juga dapat membantu penyerapan kalsium untuk mendukung kesehatan tulang. Blackmores Vitamin D3 dapat dikonumsi 1 kapsul lunak, 1 kali sehari.

5. Nutrimax Vitamin D3

Nutrimax vitamin D3 adalah suplemen vitamin yang baik untuk ibu hamil. Mengandung cholecalciferol, suplemen ini dapat menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional dan preeklampsia.

Selain itu, Nutrimax vitamin D3 juga bagus untuk memelihara kesehatan tulang, gigi, otot, saraf, paru-paru, dan jantung Si Kecil, Bun. Suplemen ini dapat dikonsumsi 1 tablet sekali sehari.

6. Caviplex D

Bisa dipakai sebagai vitamin D untuk ibu hamil, Caviplex D dapat mencegah dan mengobati kekurangan vitamin D selama mengandung Si Kecil.

Dengan mengonsumsi vitamin ini, Bunda bisa mendapatkan banyak manfaat, mulai dari mendukung pertumbuhan janin hingga menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia dan diabetes gestasional. Caviplex D bisa Bunda konsumsi 1 tablet per hari, ya.

Itulah berbagai merek suplemen vitamin D untuk ibu hamil yang bisa dipilih guna memenuhi kebutuhan asupan hariannya. Agar penyerapannya optimal, suplemen vitamin ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan ya, Bun.

Penting untuk diketahui juga Bun, batas harian asupan vitamin D setiap orang tidak boleh lebih dari 4.000 IU per hari ya, agar tidak terjadi kelebihan vitamin D.

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai asupan vitamin D atau merasa mengalami kekurangan vitamin D, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa menentukan jumlah asupan vitamin D yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Bunda.

Sumber:

American Pregnancy Association (2023). Vitamin D and Pregnancy.

National Health Service UK (2020). Vitamin D.

Baby Center (2021). Vitamin D During Pregnancy.

Healthline (2023). When Is the Best Time to Take Vitamin D? Morning or Night?

MIMS Indonesia (2023). Cavit D3.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *