Makan Pedas Saat Hamil Dilarang? Ketahui Fakta Lengkapnya, Yuk!

Makan pedas saat hamil sering dianggap tidak aman untuk perkembangan janin. Padahal, sebagian ibu hamil mungkin saja menyukai atau bahkan ngidam makanan pedas. Namun, apa benar ibu hamil tidak boleh makan pedas? Yuk, cari tahu jawabannya!

Fakta tentang Makan Pedas Saat Hamil

Bagi sebagian orang, termasuk ibu hamil, makan makanan pedas dianggap bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Makanya, ibu hamil terkadang ngidam makanan pedas.

Namun, tidak jarang muncul rasa khawatir dan takut untuk makan pedas saat hamil karena rasa perih dari cabai dianggap bisa memengaruhi pertumbuhan janin. Nah, sebenarnya aman nggak sih ibu hamil makan makanan pedas?

Jawabannya, aman kok, Bun. Hidangan pedas yang Bunda makan tidak akan menyakiti Si Kecil di dalam rahim. Bahkan, tidak akan memengaruhi tumbuh kembang janin.

Justru, makan pedas saat hamil mampu memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan berkat kandungan vitamin C dalam cabai
  • Menambah nafsu makan
  • Mengenalkan rasa baru untuk bayi
  • Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada ibu hamil

Oleh karena itu, Bunda tidak perlu khawatir lagi ya kalau misalnya Bunda sedang ngidam makanan yang pedas.

Hanya saja, Bunda perlu ingat untuk membatasi makan pedas saat hamil. Ini karena sensasi panas dari cabai justru bisa memberi efek yang kurang nyaman untuk ibu hamil. Nah, apa saja ya, Bun?

Efek Samping Makan Pedas Berlebihan Saat Hamil

Meski terbilang aman dan tidak memengaruhi perkembangan janin, tetapi makanan pedas bisa menimbulkan beberapa efek samping untuk ibu hamil. Terlebih, kalau ibu hamil memiliki masalah pencernaan sebelumnya, misalnya GERD dan sakit maag.

Nah, berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa disebabkan dari makan pedas berlebihan:

1. Memperparah heartburn

Sebagian ibu hamil mengeluhkan nyeri ulu hati yang disertai sensasi perih di dada (heartburn)pada awal dan akhir kehamilan. Kondisi ini memang umum terjadi pada ibu hamil karena perubahan hormon menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga menimbulkan sensasi panas dan perih.

Namun, keluhan heartburn bisa makin parah bila ibu hamil mengonsumsi makanan pedas berlebihan. Oleh karena itu, makan pedas saat hamil dilakukan sewajarnya saja ya, Bun.

2. Memperparah mual

Selain heartburn, makanan pedas yang dikonsumsi berlebihan juga bisa memperparah keluhan mual di awal kehamilan lho, Bun. Kondisi ini malah akan membuat ibu hamil kehilangan selera makan.

Jadi, mengonsumsi makanan pedas saat Bunda mengalami morning sickness bukanlah tindakan yang tepat.

Meski demikian, sebagian ibu hamil ada yang justru kondisi mual muntahnya jadi berkurang setelah makan pedas. Asalkan Bunda tidak memiliki penyakit GERD atau maag sebelumnya dan merasa mual justru membaik karena makan pedas, hal ini tidak jadi masalah.

3. Menyebabkan sakit perut dan diare

Perubahan hormon selama kehamilan juga bisa menyebabkan kerja sistem pencernaan melambat.

Akibatnya, makan pedas saat hamil secara berlebihan menyebabkan gangguan pencernaan yang menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, seperti sakit perut. Selain itu, makanan pedas juga bisa saja memicu terjadinya diare saat hamil.

Nah, dari penjelasan sebelumnya, kini Bunda sudah tahu kan bahwa ibu hamil boleh saja makan pedas. Asalkan, Bunda tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan tetap mengurangi tingkat kepedasannya.

Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi asupan nutrisi dengan cara mengonsumsi makanan bergizi yang baik untuk ibu hamil.

Kalau Bunda mengalami beberapa efek samping dari makan pedas saat hamil yang sudah disebutkan di atas, cobalah kurangi asupan makanan pedas ya. Namun, bila keluhan tidak kunjung membaik, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter ya, Bun.

Sumber:

De Bellefonds, C. Baby Center (2021). Spicy Food during Pregnancy.

Bradley, S. Healthline (2020). Can You Eat Spicy Food While Pregnant?

Garcia, H. Parents (2023). Is It Safe to Eat Spicy Food While Pregnant?

Cinelli, E. Verywell Family (2021). Can I Eat Spicy Foods While Pregnant?                                                                                

Jaret, P. WebMD. Heartburn Prevention Tips for Spicy Food Lovers.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *