Ngidam Saat Hamil, Inilah Berbagai Alasan dan Cara Menyiasatinya

ngidam saat hamil, diary bunda

Ngidam saat hamil merupakan fenomena unik yang normal dan umum terjadi pada ibu selama mengandung. Fenomena ngidam ini ditandai dengan ibu hamil yang tiba-tiba menginginkan sesuatu untuk dimakan. Lantas, mengapa fenomena ngidam ini bisa terjadi? Yuk, ketahui berbagai alasannya, Bun.

Ngidam saat hamil bisa dialami kapan saja selama masa kehamilan, tetapi lebih sering saat usia kehamilan baru trimester pertama. Tidak semua ibu hamil memiliki ngidam yang sama, ada yang ngidam makanan manis, asam, atau bahkan pedas.

Berbagai Alasan Ngidam Saat Hamil

Sebenarnya, tidak ada alasan khusus mengapa Bunda bisa mengalami ngidam saat hamil. Namun, ada beberapa alasan yang diduga bisa menyebabkan munculnya kondisi ini, yaitu:

1. Perubahan hormon

Saat hamil, kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan yang cukup signifikan. Karena perubahan hormon ini, ada banyak hal yang berubah pada tubuh Bunda, termasuk lebih sering inginmengonsumsi makanan tertentu atau ngidam.

Perubahan hormon ini juga diduga bisa membuat indra pencium dan perasa menjadi lebih sensitif, sehingga Bunda bisa tiba-tiba ngidam makanan yang sebelumnya tidak disukai atau malah sebaliknya.

2. Tubuh kekurangan nutrisi

Kebutuhan nutrisi ibu hamil selama mengandung menjadi lebih banyak, karena harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Nah, keinginan untuk mengonsumsi sesuatu atau ngidam juga bisa saja muncul karena tubuh Bunda masih kekurangan nutrisi.

Misalnya, Bunda tiba-tiba ingin makan daging, ini bisa menjadi pertanda tubuh Bunda masih kekurangan protein. Begitu pula jika Bunda tiba-tiba ingin makan es krim, bisa menjadi tanda tubuh Bunda masih kekurangan glukosa.

3. Pengalihan

Selama mengandung, Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar kesehatan Bunda serta janin tetap terjaga. Namun, terkadang keinginan untuk makan sesuatu yang kurang sehat masih ada.

Nah, ngidam saat hamil biasanya muncul sebagai pengalihan dari rasa ingin tersebut. Karena tidak bisa mengonsumsi makanan tidak sehat, Bunda jadi mencari alternatif makanan lain yang lebih sehat, tetapi dengan rasa yang hampir sama.

4. Budaya

Selain beberapa alasan di atas, Bunda juga bisa mengalami ngidam saat hamil karena sudah menjadi budaya lokal. Karena sudah menjadi budaya, Bunda menjadi tersugesti untuk ngidam suatu makanan.

Di Indonesia sendiri, kebanyakan ibu hamil memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan yang asam atau pedas, seperti rujak buah atau mangga.

Cara Menyiasati Ngidam Saat Hamil yang Aman

Meski sebenarnya tidak berbahaya, ngidam saat hamil perlu dikelola dengan baik ya, Bun. Bunda harus memastikan janin selalu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, Bunda perlu mengabaikan makanan ngidam yang tidak sehat dan menggantinya dengan makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Selain itu, Bunda juga tidak perlu khawatir jika mendengar anggapan bahwa bayi akan mengeluarkan air liur terus-menerus karena ngidam Bunda tidak dituruti. Soalnya, anggapan tersebut sebenarnya hanya mitos belaka.

Nah, agar Bunda tidak bingung, ada cara yang bisa Bunda lakukan untuk menyiasati makanan yang Bunda idam-idamkan menjadi makanan yang tetap sehat. Berikut ini adalah caranya:

  • Jika Bunda ngidam es krim, cobalah ganti dengan yoghurt rendah lemak dan rendah gula.
  • Jika Bunda ngidam minuman bersoda, cobalah ganti dengan air putih yang ditambah dengan perasan buah segar, seperti jeruk atau lemon.
  • Jika Bunda ngidam kue, coba ganti dengan bolu pisang yang rendah gula serta rendah lemak.
  • Jika Bunda ngidam donat, cobalah ganti dengan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.
  • Jika Bunda ngidam keripik kentang, cobalah ganti dengan popcorn yang dimasak tanpa mentega.

Cara-cara tersebut bisa Bunda terapkan untuk mengganti makanan tidak sehat yang Bunda inginkan. Namun, apabila Bunda mengalami ngidam saat hamil yang ekstrem, misalnya sampai ngidam makan sabun, segera lakukan pemeriksaan ke dokter, ya, Bun. Bunda juga perlu ke dokter apabila Bunda memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol dan kesulitan untuk menghentikannya.

Sumber:

Australian Government (2022). Pregnancy Birth & Baby. Food Cravings During Pregnancy.

Healthline (2018). When Do Pregnancy Cravings Start?

Verywell Family (2022). What To Know About Pregnancy Cravings.

Verywell Health (2023). Everything You Need to Know About Pregnancy Cravings.

WebMD. Pregnancy Cravings: When You Gotta Have It!

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *