5 Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ikan yang bagus untuk ibu hamil harus mengandung banyak nutrisi baik, seperti protein dan asam lemak omega-3. Nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh saat hamil serta mendukung tumbuh kembang janin. Namun, tidak semua ikan bisa dikonsumsi saat hamil, ya. Yuk, cari tahu apa saja jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil.

Jenis Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ada dua jenis ikan yang bisa dikonsumsi ibu hamil, yaitu ikan laut dan ikan air tawar. Meski memiliki habitat hidup yang berbeda, keduanya tetap menawarkan nutrisi dan manfaat yang sama baiknya ketika dikonsumsi selama kehamilan. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil:

1. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil. Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, khususnya EPA dan DHA, yang berperan penting untuk perkembangan saraf, mata, dan otak janin. Nutrisi tersebut juga berperan penting untuk mendukung kecerdasan janin kelak setelah ia lahir.

Ikan ini juga kaya akan protein yang penting untuk proses pembentukan organ dan jaringan tubuh janin. Selain itu, konsumsi ikan salmon juga bisa menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur, hipertensi selama hamil, dan depresi pascamelahirkan.

2. Ikan teri

Ikan teri memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti omega-3, vitamin B12, vitamin A, selenium, dan kalsium. Berbagai nutrisi tersebut bermanfaat untuk memelihara kesehatan ibu hamil, menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta menurunkan risiko terjadinya preeklampsia.

3. Ikan sarden

Ikan sarden mengandung beragam nutrisi yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega-3, protein, vitamin, kalsium, dan mineral di dalamnya berperan penting dalam menurunkan tekanan darah, memberikan energi selama kehamilan, serta mendukung pertumbuhan tulang, otak, saraf, dan otot janin.

4. Ikan lele

Berkat kandungan protein, vitamin B12, selenium, fosfor, zat besi, serta asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ada di dalamnya, ikan lele menjadi ikan yang bagus untuk ibu hamil.

Ibu hamil yang mengonsumsi ikan lele bisa memperoleh beragam manfaat, mulai dari meningkatkan pembentukan sel darah merah, mencegah anemia, serta mendukung pertumbuhan janin.

5. Ikan mujair

Ikan mujair adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki banyak nutrisi untuk ibu hamil dan janin. Ikan ini diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Tak hanya itu, ikan mujair juga mengandung vitamin, mineral, dan DHA yang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak janin serta menurunkan risiko terjadinya keguguran dan cacat lahir pada bayi, seperti spina bifida.

Itulah berbagai pilihan ikan yang bagus untuk ibu hamil. Jenis ikan ini diketahui memiliki kandungan merkuri yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan ya, Bun. Konsumsi ikan-ikan ini sebanyak 2–3 porsi per minggu

Bunda juga disarankan untuk selalu mencuci ikan hingga bersih sebelum mengolahnya. Pastikan ikan yang akan dikonsumsi sudah matang sempurna ya, Bun. Soalnya, ikan yang kurang matang dikhawatirkan masih terpapar bakteri atau virus yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Jika masih ragu mengonsumsi jenis-jenis ikan di atas, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter, ya.

Sumber:

American Pregnancy (2023). Omega-3 Fish Oil and Pregnancy.

National Health Service UK (2023). Foods to Avoid in Pregnancy.

Healthline (2023). 12 Foods That Are Very High in Omega-3.

Healthline (2023). Are Sardines Good for You?

Healthline (2022). Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More.

MedicineNet (2022). Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More.

Verywell Family (2022). Can I Eat Tilapia While Pregnant?

Verywell Family (2021). Can I Eat Salmon While Pregnant?

Verywell Family (2021). Is It Safe to Eat Fish During Pregnancy?

WebMD (2022). Are There Health Benefits to Eating Sardines?

WebMD (2022). Health Benefits of Anchovies.

WebMD (2022). What Are the Health Benefits of Catfish?

What to Expect (2022). Eating Fish During Pregnancy: What Varieties Are Safe.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *