Beragam Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Beragam Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Rambutan untuk ibu hamil banyak mengandung nutrisi yang penting lho. Berbagai nutrisi ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Bunda dan Si Kecil di dalam kandungan. Oleh sebab itu, Bunda bisa memasukan buah rambutan sebagai cemilan sehat selama hamil, ya. 

Rambutan banyak mengandung karbohidrat, serat, antioksidan, serta aneka vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh dan janin, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, folat, magnesium, kalsium, mangan kalium, zat besi, tembaga, dan zinc.

Beragam Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

Berikut adalah berbagai manfaat rambutan untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Tahu nggak, Bun, mengonsumsi rambutan bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh selama hamil, lho. Ini karena rambutan mengandung antioksidan dan nutrisi yang bisa mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi, yaitu vitamin Cvitamin B, folat, dan zinc.

Dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat, tubuh ibu hamil bisa melawan kuman dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. Dengan begitu, Bunda tidak akan mudah jatuh sakit, lho.

2. Mengatasi rasa lelah

Di dalam setiap 100 gramnya atau setara 4 hingga 5 buah rambutan, terdapat sekitar 75 kalori dan 18 gram karbohidrat. Ini menjadikan buah rambutan baik dikonsumsi sebagai salah satu sumber energi tubuh, Bun. Dengan tercukupinya kebutuhan energi, Bunda pun akan lebih fit dan tidak mudah lelah.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit

Bunda pernah nggak mengalami sembelit saat hamil? Jika iya, pasti terasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Bunda saat hamil.

Untungnya, Bunda bisa mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi rambutan, lho. Buah ini kaya akan serat yang baik untuk memelihara kesehatan pencernaan selama hamil.

Selain itu, rambutan juga berguna untuk melancarkan proses pengeluaran tinja dari dalam tubuh, sehingga Bunda bisa terhindar dari sembelit selama hamil.

4. Mendukung pembentukan tulang janin

Ternyata, rambutan juga penting untuk Si Kecil lho, Bun. Berkat kandungan kalsium, rambutan berguna untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi janin.

Tidak hanya itu, mineral ini juga berperan penting untuk memelihara kesehatan Bunda selama hamil. Namun, perlu diketahui, kalsium tidak bisa dihasilkan oleh tubuh, Bun. Oleh karena itu, Bunda bisa menjadikan rambutan sebagai asupan kalsium selama hamil, ya.

5. Menurunkan tekanan darah

Rambutan mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Saat hamil, tekanan darah akan cenderung meningkat. Nah, agar tekanan darah tetap normal, Bunda memerlukan kalium yang berfungsi sebagai elektrolit di dalam tubuh.

Jika Bunda memiliki tekanan darah yang terlalu tinggi selama hamil, hal ini tentu bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan aliran darah dari ibu hamil ke janin, serta berpotensi mengganggu tumbuh kembang Si Kecil, lho.

6. Mencegah anemia

Ibu hamil bisa berisiko mengalami anemia, lho. Nah, untuk mencegah kondisi ini, Bunda bisa mengonsumsi rambutan, ya. Buah ini memiliki kandungan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang sangat dibutuhkan untuk memasok oksigen serta nutrisi ke tubuh ibu hamil dan janin.

Dengan mencukupi kebutuhan zat besi per hari, Bunda bisa terhindar dari anemia selama kehamilan. Selain itu, rambutan juga kaya akan vitamin C yang dapat mendukung penyerapan zat besi, jadi risiko terjadinya anemia bisa berkurang.

Berbagai manfaat rambutan untuk ibu hamil di atas bisa Bunda peroleh jika mengonsumsinya. Namun, perlu diingat, konsumsi buah ini tetap dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan ya, Bun.

Agar asupan nutrisi yang didapatkan lebih lengkap, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan lain, kacang, telur, ikan, daging, kacang-kacangan, dan daging.

Nah, apabila Bunda masih punya pertanyaan terkait cara mengonsumsi buah rambutan untuk ibu hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

Panganku.Org. Rambutan, Segar.

National Health Service UK (2023). Have a healthy diet in pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). How to Treat Iron Deficiency During Pregnancy.

Mayo Clinic (2022). Healthy Lifestyle. Iron Deficiency Anemia During Pregnancy: Prevention Tips.

MedicineNet (2022). Rambutan Fruit: Nutrition, Health Benefits and How to Eat It.

Verywell Fit (2022). Rambutan Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

WebMD (2022). Health Benefits of Rambutan.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *