Mitos atau Fakta: Minum Kopi Bayi Jadi Punya Tanda Lahir?

minum kopi

Mitos pada ibu hamil sepertinya tidak ada habisnya. Ada saja info-info tidak akurat yang beredar. Namun, selama Bunda mengecek ulang kebenarannya, mitos simpang siur bukan ancaman bagi Bunda. Termasuk mitos yang mengatakan tanda lahir pada bayi disebabkan oleh minum kopi berikut!

Cafe au Lait 

minum kopi

Tanda lahir kecokelatan banyak dikaitkan dengan kebiasaan minum kopi saat hamil. Padahal warna kecokelatan pada kulit si kecil adalah tanda lahir yang disebabkan oleh faktor genetik. Nama tanda lahir ini adalah Cafe au Lait.  

Tanda lahir ini memiliki ukuran yang beragam, halus dan bukan berupa benjolan di kulit, berwarna kecokelatan saat di tempat gelap dan berwarna hitam saat di tempat yang terang. Cafe au Lait bukan termasuk penyakit kulit, sehingga tidak gatal. Semakin bertambah usia si Kecil, warna tanda lahir ini bisa semakin gelap.

Mitos Terkait Makanan

Banyak mitos yang beredar mengenai kehamilan. Berikut adalah mitos terkait makanan:

Suka Manis = Anak Perempuan, Suka Asam = Anak Lelaki

Tidak ada hubungan antara kecenderungan ibu makan makanan manis dan asam pada jenis kelamin si Kecil. 

Fakta yang benar adalah bila selama kehamilan Bunda tidak memperhatikan nutrisi yang seimbang, maka pertumbuhan janin akan terganggu. Pastikan kesehatan si Kecil saat memeriksakan USG di usia kehamilan dua minggu, daripada percaya mitos tersebut.

Air Kelapa Membuat Rambut Bayi Lebat

Mengonsumsi air kelapa sebenarnya baik karena dapat membantu kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi karena ibu mual dan muntah selama trimester pertama. 

Kandungan elektrolit yakni kalium dapat mencegah terjadinya perut kembung yang dapat menyebabkan mual. Jadi tidak ada hubungannya dengan rambut bayi lebat, yang lebih banyak terkait pada faktor genetik.

Minum Es Membuat Bayi Besar

Bila Bunda sering mengonsumsi minuman manis dengan es, maka yang membuat bayi besar dalam janin lebih pada konsumsi gula yang berlebihan. Faktor besarnya bayi tergantung pada faktor keturunan, jenis kelamin, lamanya di kandungan, riwayat melahirkan.

Makan Nanas Sebabkan Keguguran

Tidak semua nanas berbahaya bagi ibu mengandung. Hanya nanas muda yang mengandung enzim bromelain, dan biasanya banyak terdapat di bagian tengah buah, yang dapat menyebabkan kontraksi pada dinding rahim dan pendarahan. 

Bila Bunda makan nanas yang sudah matang dan tidak berlebihan, tidak akan berbahaya pada kandungan.

Makan Sambal Menyebabkan Bayi Botak

Konsumsi sambal tidak terkait dengan kebotakan bayi. Namun, makan sambal memang tidak terlalu disarankan pada ibu hamil karena dapat menyebabkan diare yang membuat ibu tidak nyaman dan dehidrasi saat hamil.

Makan untuk Dua Orang Saat Hamil

Walau sedang mengandung, bukan berarti menjadi celah bagi Bunda untuk makan secara berlebihan. Saat hamil, berat badan juga perlu dijaga. 

Pada kehamilan trimester pertama, biasanya kenaikan berat badan  sebesar 1-2,5 kg atau tidak naik sama sekali. Pada kehamilan trimester ketiga berat badan naik sebesar 0,5 kg/minggu. 

Sumber:

Healthline. 2018. Café au Lait Spots.

Klikdokter. 2015. 10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan.

Halodoc. 2018. Ketahui Dampak Ibu Hamil Minum Air Dingin.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *