Apakah Ibu Menyusui Boleh Vaksin COVID-19?

jika bumil terkena covid-19

Untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus COVID-19, Bunda tentu ingin agar bisa melakukan vaksinasi COVID-19. Namun karena kondisi sedang menyusui, Bunda jadi bertanya-tanya apakah ibu menyusui boleh vaksin COVID-19? 

Apakah Ibu Menyusui Boleh Vaksin COVID-19? Boleh!

ibu menyusui vaksin

Sampai saat ini, studi dan penelitian tentang efek vaksin COVID-19 memang masih sedikit jumlahnya dan terbatas pada jenis vaksin mRNA. Walaupun demikian, lembaga-lembaga kesehatan terpercaya di dunia meyakini bahwa vaksin COVID-19 tidak menimbulkan risiko pada ibu menyusui sehingga dapat melakukan vaksinasi COVID-19.

Dr. Soumya Swaminathan, Chief Scientist WHO, menyatakan bahwa ibu menyusui dapat melakukan vaksinasi COVID-19 dan dianjurkan untuk melakukannya. Bunda tidak perlu khawatir karena berbagai jenis vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan tidak ada yang menggunakan virus hidup jadi tidak berisiko untuk terjadinya transmisi ke bayi lewat ASI. 

Sebaliknya, antibodi yang diciptakan dari vaksinasi dapat masuk ke ASI dan berpindah ke bayi sehingga dapat memberi perlindungan bagi bayi dari virus SARS-CoV-2 walaupun pasif. Karena itulah, vaksin COVID-19 aman dan tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Apakah ibu menyusui boleh vaksin COVID-19 tapi syaratnya harus berhenti menyusui? Tentu saja tidak, malah Bunda dianjurkan untuk tetap menyusui setelah melakukan vaksinasi. 

Walau data tentang keamanan vaksinasi COVID-19 pada ibu menyusui masih sangat terbatas, tapi sampai sejauh ini belum ditemukan mekanisme bagaimana vaksin ini dapat berpindah ke bayi melalui ASI. Dengan demikian, Bunda tak perlu berhenti untuk menyusui. 

Jenis Vaksin COVID-19 untuk Ibu Menyusui

ibu menyusui vaksin

Jika vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM, maka vaksinasi untuk ibu menyusui boleh dilakukan. 

Apakah ibu menyusui boleh vaksin COVID-19 dengan vaksin apa saja? WHO telah menganjurkan pemberian vaksin COVID-19 untuk ibu menyusui berupa Sinovac-CoronaVac dan Oxford/AstraZeneca yang telah lebih dulu digunakan di Indonesia, serta Pfizer-BioNTech dan Moderna yang akan segera hadir di Indonesia.

Sama seperti perempuan lainnya yang melakukan vaksinasi COVID-19, maka Bunda juga berpotensi mengalami reaksi atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Beberapa bentuk KIPI yang kemungkinan akan Bunda alami adalah: 

  • rasa nyeri di bekas suntikan
  • demam
  • menggigil 
  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • nyeri sendi
  • rasa lelah
  • mual

Jika Bunda mengalami demam dengan suhu ≥38 derajat Celcius, maka sebaiknya Bunda beristirahat dan minum paracetamol. 

Jika Bunda masih kurang yakin, ada baiknya menanyakan langsung ke dokter anak atau tenaga ahli medis di bidangnya untuk mendapat penjelasan yang lebih mendetail tentang vaksin COVID-19 bagi ibu menyusui.

Vaksin Lain yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Ibu Menyusui

Selain vaksin COVID-19, apakah ibu menyusui boleh vaksin untuk pencegahan penyakit lainnya? Boleh, bahkan ibu menyusui dianjurkan untuk melakukan vaksinasi jika Bunda biasa melakukannya secara rutin atau mendapat rekomendasi dari dokter. 

Beberapa jenis vaksinasi yang dapat Bunda lakukan di antaranya adalah influenza, MMR (measles, mumps, rubella), Hepatitis B, Rabies, meningitis, dan pneumokokus.

Namun, dari semua vaksinasi, ada dua jenis vaksin yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui, yaitu vaksin cacar dan vaksin demam kuning. Kedua vaksin ini menggunakan virus hidup yang dilemahkan dan dapat berpindah ke bayi melalui ASI, serta dinilai kontraindikasi bagi ibu menyusui. Untuk vaksin-vaksin lainnya, semua dinilai aman dan tidak memiliki risiko bagi ibu menyusui. 

Jadi, sudah jelas ya, jawaban dari pertanyaan Bunda apakah ibu menyusui boleh vaksin COVID-19 dan juga vaksin lainnya. Kembali diingatkan jika Bunda kurang yakin dan merasa masih membutuhkan informasi tambahan, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.  

Sumber:

World Health Organization. 2021. Episode #41 – Vaccines, Pregnancy, Menstruation, Lactation, and Fertility.

Royal College of Obstetricians and Gynaecologists. 2021. COVID-19 Vaccines, Pregnancy, and Breastfeeding.

Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Vaccination Safety for Breastfeeding Mother.

Alomedika. 2021. Vaksinasi COVID-19 pada Wanita Hamil dan Menyusui.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *