Tips Pemulihan Operasi Caesar yang Perlu Bunda Lakukan

Setelah menjalani operasi Caesar, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan agar masa pemulihan dapat berjalan dengan baik. Ini dia penjelasan tentang pemulihan setelah operasi Caesar. 

Pengertian Operasi Caesar

perawatan pasca caesar

Dalam beberapa kasus persalinan, ada kalanya dokter harus melakukan tindakan pembedahan yang disebut dengan operasi Caesar atau dalam istilah medisnya adalah Sectio Caesarea (SC). 

Tindakan ini merupakan cara untuk melahirkan janin dengan membuat sayatan pada dinding uterus melalui dinding depan perut. Operasi Caesar biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi Bunda dan bayi, adanya kegawatan, dan hambatan dalam persalinan normal. 

Macam Operasi Caesar

plasenta akreta

Saat melakukan operasi Caesar, ada dua macam sayatan yang bisa dilakukan oleh dokter, yaitu:

Sayatan horizontal

Teknik ini disebut juga dengan bikini cut, yaitu sayatan yang dilakukan secara mendatar (horizontal), pada bagian rahim yang paling rendah dan lebih tipis. Teknik ini bermanfaat untuk meminimalkan terjadinya perdarahan. 

Teknik ini adalah yang paling umum dilakukan oleh dokter. Keuntungan yang didapatkan dengan teknik sayatan horizontal ini adalah:

  • Bekas luka tidak terlalu terlihat karena relatif tertutup lipatan kulit.
  • Bunda akan berpeluang lebih besar untuk bisa melahirkan secara normal pada persalinan berikutnya.

Meski demikian, kekurangan dari teknik ini adalah ada kemungkinan penyembuhan luka menjadi lebih lama, karena bekas luka tertutup oleh lapisan lemak perut yang selalu basah.

Sayatan vertikal

Teknik ini banyak dilakukan oleh dokter di masa lalu, di mana sayatan dilakukan tegak lurus pada abdomen dan uterus. Teknik ini masih dilakukan, namun hanya dalam pertimbangan khusus, misalnya:

  • Bunda memiliki bekas luka yang lain pada bagian perut.
  • Bayi berada dalam posisi yang tidak biasa atau sangat rendah.
  • Terjadi kegawatan janin atau perdarahan.
  • Ukuran bayi yang terlalu besar.

Operasi Caesar dengan sayatan vertikal memiliki kelebihan, yaitu dapat membantu mengatasi kasus perdarahan atau kegawatan secara lebih baik. Namun kekurangannya adalah:

  • Bekas luka yang lebih panjang akan terlihat, misalnya saat Bunda mengenakan pakaian renang two-pieces atau atasan yang agak terbuka di bagian perut.
  • Bekas luka relatif meninggalkan rasa sakit lebih lama dan membuat Bunda sulit untuk duduk dalam posisi tertentu yang menekan bekas luka.

Bunda akan sulit untuk melahirkan normal pada persalinan selanjutnya.

Ini Proses Operasi Caesar

penyebab caesar

Saat tindakan operasi Caesar dilakukan, Bunda akan disuntik dengan bius pada bagian bawah punggung, atau yang dikenal dengan teknik spinal anestesi.

Setelah penyuntikan, Bunda akan merasa kebas atau mati rasa pada bagian pinggang ke bawah. Bunda akan tetap sadar dan bisa berkomunikasi selama jalannya operasi.

Setelah bius sudah bekerja sempurna, dokter akan segera melakukan tindakan pembedahan. Bayi akan segera dikeluarkan dari rahim, begitu pula dengan plasentanya. Setelah itu, bekas sayatan akan dijahit kembali dengan sempurna.

Selama Bunda masih berada dalam pengaruh bius hingga 24 jam berikutnya, biasanya Bunda tidak diperbolehkan untuk duduk maupun berbaring miring. 

Setelah satu hari, Bunda baru akan dapat turun dari tempat tidur untuk berjalan dan mulai beraktivitas secara bertahap. Setelah 2-3 hari, Bunda baru akan diperbolehkan untuk pulang.

Waspada terhadap Komplikasi

haid telat lama

Tindakan operasi tentu selalu memiliki risiko, di antaranya adalah komplikasi yang timbul setelah tindakan. Bunda perlu waspada terhadap hal-hal berikut:

Blood clot atau penggumpalan darah

Salah satu risiko dalam operasi Caesar adalah munculnya penggumpalan darah di kaki. Biasanya hal ini ditemukan pada wanita yang mengalami obesitas atau yang tidak bergerak pada waktu lama.

Kram

Pada 24 jam pertama, biasanya akan timbul kram pada bagian perut saat rahim mulai mengecil. Bunda akan diberi obat-obatan penghilang nyeri untuk membantu meredakan rasa sakit tersebut.

Infeksi

Dokter akan mengawasi bekas luka untuk melihat adanya kemungkinan infeksi. Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan untuk menyembuhkan luka dan meminta Bunda untuk rutin mengganti perban penutup luka agar selalu steril. 

Perdarahan

Dalam beberapa minggu pertama, ada risiko pasca pembedahan yang disebut hemorrhage atau perdarahan hebat. Dokter akan memeriksa Bunda secara rutin untuk melihat adanya kemungkinan ini. 

Apabila terjadi kondisi-kondisi yang tidak biasa, misalnya demam, bengkak, muncul perdarahan hebat, nyeri kepala, kram, sulit bernapas, segeralah memeriksakan diri ke dokter ya, Bun, untuk mengetahui apakah ada komplikasi pasca persalinan Caesar. 

Tips Perawatan Setelah Operasi Caesar

perawatan pasca caesar

Agar proses pemulihan berjalan lebih baik, lakukan ini:

Jalan kaki rutin

Untuk mencegah timbulnya penggumpalan darah, Bunda perlu berjalan kaki secara rutin. Lakukan setiap pagi dan sore selama 15 menit agar fisik lebih segar dan peredarah darah lebih lancar.

Banyak beristirahat

Istirahat sangat penting setelah tindakan operasi. Manfaatkan saat si Kecil tidur untuk Bunda juga tidur. 

Bentuk support system

Mengurus bayi yang baru lahir membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Setelah melahirkan biasanya Bunda akan merasa lebih lemah, karenanya perlu ada bantuan dari orang-orang terpercaya, seperti pasangan, keluarga, maupun sahabat.

Jaga kondisi emosi

Pasca persalinan ada risiko yang disebut baby blues atau postpartum depression. Bunda akan mudah mengalami kondisi ini terutama yang mengalami persalinan yang cukup sulit dan traumatik.

Karenanya, penting bagi Bunda untuk tidak merasa sendirian dan selalu punya tempat untuk berbincang.

Minum air putih dan makanan berserat

Gabungan dari perubahan hormonal di dalam tubuh, kondisi fisik dan otot perut yang masih lemah, juga banyak berbaring memunculkan risiko konstipasi atau sembelit.

Minumlah banyak air putih, makan makanan kaya serat, buah, dan sayuran untuk mencegah terjadinya sembelit. 

Masa transisi untuk menjadi orang tua memang berat, apalagi saat Bunda juga dalam proses pemulihan saat melahirkan.

Namun dengan sikap positif dan selalu mendapat dukungan orang-orang terdekat akan membuat masa pemulihan setelah operasi Caesar bisa dilalui dengan lebih baik. 

Sumber:

Hello Sehat. 2021. Operasi Caesar.

Medcom. 2021. Berjalan Kaki Bantu Memulihkan Kondisi setelah Persalinan Sesar.

Mother and Baby. 2020. Jenis-jenis Irisan pada Operasi Caesar dan Plus-Minusnya.

RSU Harapan Ibu. 2020. Serba-serbi Operasi Caesar.

Medical News Today. 2018. How to Speed Up Recovery from A Cesarean Delivery.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *