6 Makanan Penambah Hb Bunda yang Sedang Hamil

Hemoglobin (Hb) adalah sesuatu yang sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan Hb akan menimbulkan risiko anemia yang berbahaya baik bagi Bunda maupun janin. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan keseimbangan kadar Hb dengan mengonsumsi makanan penambah Hb. 

Kaitan Hemoglobin dan Anemia

Hemoglobin (Hb) adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah, yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, kadar Hb Bunda harus optimal untuk memastikan pasokan oksigen yang tepat. Seimbang atau tidaknya jumlah oksigen dalam darah tergantung pada kadar Hb dalam tubuh.

Ibu hamil berisiko tinggi mengalami Hb rendah, atau disebut juga anemia. Diperkirakan sekitar 40% ibu hamil di seluruh dunia mengalami kekurangan Hb. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat perlu mengonsumsi makanan penambah Hb. 

Pada ibu hamil, anemia ringan ini terjadi karena tubuh Bunda lebih banyak memproduksi plasma darah, sehingga konsentrasi sel darah merah berkurang. Plasma adalah komponen darah non seluler yang berair. 

Ibu hamil umumnya mengalami peningkatan volume plasma darah hingga sekitar 50 persen pada akhir trimester kedua, sementara sel darah merah hanya bertambah sekitar 25-30 persen. Hal inilah yang menyebabkan pengenceran sel darah merah dan menurunkan kadar Hb. 

Pada kehamilan, anemia dapat menyebabkan beberapa risiko berikut:

  • Bayi lahir prematur.
  • Bayi lahir dengan berat badan kurang.
  • Bayi lahir dengan cacat lahir dan gangguan tumbuh kembang.
  • Bayi meninggal sebelum atau setelah dilahirkan.
  • Ibu dan bayi lebih rentan terserang infeksi.
  • Ibu mengalami perdarahan pascapersalinan.
  • Ibu menderita postpartum depression.

Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

makanan penambah hb saat hamil

Tingkat hemoglobin kehamilan biasanya lebih rendah dari orang pada umumnya, yakni  berkisar 10,5 gm/dL. 

Untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang biasanya menurun pada kehamilan, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, asam folat, vitamin B dan vitamin C.

Berikut adalah daftar makanan yang perlu Bunda makan untuk meningkatkan kadar Hb selama kehamilan:

1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, kaya akan kandungan zat besi sehingga wajib disertakan dalam menu makanan ibu hamil. Beberapa sayur yang dapat Bunda makan saat hamil termasuk bayam, kangkung, dan brokoli. 

Zat besi membantu dalam produksi hemoglobin, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah.  Kebutuhan zat besi harian ibu hamil yang disarankan adalah 27 mg per hari. Pada trimester ketiga kehamilan, kebutuhan zat besi ini meningkat hingga 40 mg per hari.

2. Buah kering dan kacang

Kurma dan buah ara yang tinggi kandungan zat besi dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Beberapa buah dan kacang kering lainnya yang dapat Bunda makan setiap hari termasuk kenari, kismis, dan almond.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, dan buncis kaya akan vitamin, mineral, serat, zat besi, dan protein. 

4. Asparagus

Bunda dapat menambah menu penambah zat besi dengan mengonsumsi sup asparagus. Bunda juga bisa menambahkan biji wijen ke dalam sup untuk kandungan zat besi yang lebih banyak.

5. Buah

Makan buah-buahan segar seperti delima dan jeruk juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan. Pasalnya, buah delima sangat kaya akan kandungan zat besi. 

Sementara jeruk kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar hemoglobin. Buah-buahan lain seperti kiwi, persik, jeruk bali, jambu biji juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik. 

6. Sayuran mengandung folat

Folat atau asam folat adalah jenis vitamin B yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Bunda dapat mengonsumsi jagung, pisang, lobak, kecambah, alpukat, dan selada.

Bunda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400-600 mikrogram (mcg) asam folat per hari.

Cara Lain Menjaga Kadar Hb

makanan penambah hb saat hamil

Bila Bunda merasa tidak yakin dapat disiplin mengonsumsi daftar makanan sehat di atas, Bunda dapat juga mengonsumsi suplemen. Namun, tetap lakukan dengan petunjuk dokter.

Mengonsumsi makanan kaya zat besi juga harus dibantu dengan mengonsumsi makanan yang membantu penyerapan zat besi, yaitu vitamin C. Bunda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C untuk meningkatkan kapasitas tubuh menyerap zat besi. 

Cara lain meningkatkan kadar hemoglobin secara alami selama kehamilan adalah dengan berolahraga. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang semakin meningkat. 

Bunda dapat memulai dengan latihan intensitas sedang setelah berkonsultasi dengan dokter. Hindari latihan intensitas tinggi selama kehamilan agar tidak membahayakan janin. 

Sumber: 

SehatQ. 2021. Inilah Cara Menaikkan Hb pada Ibu Hamil yang Bisa Anda Lakukan.

Firstcry Parenting. 2019. How to Increase Haemoglobin Levels During Pregnancy.

Alodokter. 2019. Daftar Makanan Penambah Hb Ibu Hamil.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *