11 Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Menyantap buah-buahan selain rasanya segar juga berkhasiat untuk mencukupi nutrisi. Apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil? Ini dia daftarnya dan pastikan masukkan ke dalam menu sehari-hari ya, Bunda.

Manfaat Buah untuk Ibu Hamil

buah memperbanyak asi

Selain asupan karbohidrat dan protein, makan buah-buahan baik untuk Bunda. Buah-buahan kaya vitamin, serat, dan mineral. 

Beberapa nutrisi kunci yang bisa Bunda dapatkan dari buah-buahan:

  • Beta karotene: Membantu perkembangan jaringan dan sel janin, juga memperkuat daya tahan tubuh.
  • Vitamin C: Vitamin C penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Dalam jumlah yang mencukupi, vitamin C membantu penyerapan zat besi. 
  • Zat besi: Mineral penting dalam masa kehamilan untuk mencegah anemia dan preeklampsia.
  • Asam folat: Nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan janin. Kesehatan otak dan sumsum tulang belakang sangat didukung oleh asupan asam folat.
  • Serat makanan: Ibu hamil rentan konstipasi. Buah-buahan banyak mengandung serat yang baik untuk memperlancar pencernaan.
  • Kalium: Nutrisi ini sangat menentukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel. Bunda yang sering mengalami kram, asupan kalium dapat membantu mengatasinya. 

Bunda disarankan untuk mengonsumsi buah 2-4 porsi setiap hari. Jadi, perhatikan porsinya ya, Bun, agar tetap dalam jumlah wajar. 

Apa Saja Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil?

Berikut ini adalah buah-buahan yang perlu Bunda konsumsi saat hamil: 

  1. Kiwi

Kiwi kaya vitamin C, E, A, kalium, fosfor, magnesium, asam folat, dan serat makanan. Kiwi baik untuk meredakan batuk dan demam, juga menjaga daya tahan. Selain itu, fosfor di dalamnya dapat mengurangi risiko penggumpalan darah. Penyerapan zat besi juga menjadi lebih baik. 

  1. Pisang

Pisang kaya asam folat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Vitamin B6 membantu menjaga kadar garam di dalam tubuh.  Sementara itu, magnesium dalam pisang dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh. 

Cairan tubuh mudah hilang, terutama karena mual dan muntah di awal kehamilan. Bunda disarankan makan pisang setiap hari, terutama pada trimester pertama.

  1. Apel

Apel mengandung banyak vitamin A, E, D, dan seng. Bunda perlu banyak makan apel saat hamil. Buah ini dapat mengurangi risiko asma dan eksim pada si Kecil saat ia tumbuh. 

  1. Jambu

Buah ini kaya vitamin C dan E, juga mengandung iso-flavonoid, karotenoid, dan polifenol. Serat di dalam jambu juga dapat membantu memperlancar pencernaan. Untuk bayi, nutrisi di dalam jambu dapat memperkuat sistem sarafnya.

  1. Pir

Mirip dengan apel, kandungan vitaminnya tinggi dan kaya asam folat. Pir juga kaya vitamin C sebagai antioksidan.

  1. Delima/pomegranate

Buah ini disukai selain rasanya segar, juga kaya nutrisi. Di antaranya kalsium, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin C. 

  1. Alpukat

Buah ini kaya asam folat dan sumber vitamin B, C, dan K. Selain itu, alpukat mengandung serat, kolin, magnesium, dan kalium. Alpukat juga merupakan salah satu bahan makanan sumber lemak yang baik.

  1. Mangga

Rasanya yang asam segar menunjukkan kandungan vitamin C yang tinggi. Mangga dapat membantu pencernaan dan mencegah konstipasi.

  1. Semangka

Buah ini mudah didapatkan dan enak rasanya. Kaya vitamin A, C, B6, juga magnesium dan kalium. Bunda disarankan makan semangka, terutama pada trimester akhir. Semangka dapat membantu meredakan heartburn dan kram otot.  

  1. Anggur

Anggur kaya nutrisi seperti glukosa, fruktosa, pectin, magnesium, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga kaya asam folat, zat besi, juga vitamin B1, B2, dan B6. 

  1. Jeruk dan lemon

Buah ini adalah sumber vitamin C dan kalium yang baik untuk ibu hamil. Makan jeruk juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Buah yang Perlu Dibatasi Saat Hamil

Meski kaya nutrisi, sebagian buah perlu dibatasi porsinya saat hamil: 

  • Pepaya perlu dibatasi, terutama bagi Bunda yang alergi lateks. Lateks di dalam pepaya dapat memicu kontraksi rahim dan persalinan prematur. 
  • Buah yang sangat manis juga perlu dibatasi, misalnya kurma. Terutama Bunda yang rentan diabetes gestasional, buah manis dapat meningkatkan kadar gula darah. 
  • Buah yang sangat asam juga kurang disarankan karena dapat memicu sakit perut. Terutama Bunda yang memiliki pencernaan sensitif.

Tips Aman Makan Buah

Bunda, jangan lupa melakukan ini saat ingin makan buah, ya:

  • Pilih buah segar daripada buah yang sudah dikalengkan. Buah kalengan mengandung gula tambahan dan pengawet.
  • Hindari makan buah yang kulitnya mulai menghitam karena busuk. Dalam kulit yang busuk terkandung bakteri dan kuman. 
  • Hindari membeli buah potong, kecuali Bunda yakin dengan kebersihannya. 
  • Bila Bunda perlu menjaga kadar gula tubuh, batasi makan buah kering. Buah kering biasanya mengandung gula lebih tinggi.
  • Cuci bersih buah-buahan sebelum disantap. 
  • Pisahkan penyimpanan buah agar tidak berdekatan dengan daging/ikan mentah. 
  • Simpan buah dalam lemari pendingin agar lebih tahan lama. Namun tidak untuk pisang. Kulitnya akan berubah menjadi hitam dan tidak enak disantap. 

Selalu jaga kondisi tubuh dengan makan buah segar setiap hari, Bun, agar kehamilan dan bayi tersayang tetap sehat.

Sumber:

Healthline. 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy

First Cry Parenting. 2019. 16 Best Fruits to Eat During Pregnancy

Medical News Today. 2020. Which fruits should you eat during pregnancy?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *