Bunda, Ini Segudang Manfaat Omega-3 untuk Busui!

Menyusui memberikan banyak manfaat kesehatan yang tak tertandingi untuk Bunda dan si Kecil. Namun selagi menyusui, Bunda juga perlu mencukupi nutrisi penting untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak. Salah satunya adalah Omega-3, kandungan yang terkenal bisa membuat bayi cerdas. 

Seberapa penting Omega-3 untuk perkembangan Bunda dan si Kecil? Ketahui fakta dan manfaat Omega-3 untuk Busui di sini yuk, Bunda.

Fakta dan Manfaat Omega-3 untuk Busui

Omega-3 mengandung asam lemak DHA, yang berkontribusi pada perkembangan otak dan mata yang optimal. Otak dan mata mengalami perkembangan yang luar biasa pada tahun pertama kehidupan bayi dan sangat penting bagi si Kecil untuk mendapatkan cukup asam lemak ini.

Omega-3 adalah nutrisi yang Bunda dapatkan dari makanan atau suplemen yang membantu membangun dan menjaga kesehatan tubuh. Dua kadar penting dalam asam lemak Omega-3 adalah EPA dan DHA yang bisa ditemukan dalam beberapa ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Berikut adalah segudang manfaat Omega-3 untuk Bunda dan si Kecil:

  • Mencegah stres dan depresi
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak bayi
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengurangi gejala ADHD pada anak
  • Melawan peradangan 
  • Melawan penyakit autoimun
  • Mengurangi penyakit asma pada anak
  • Memperkuat tulang
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Menjaga kesehatan kulit

Perlukah Suplemen Omega-3 untuk Busui?

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi Omega-3 secara alami, karena itu Bunda sangat mungkin memerlukan suplemen Omega-3. Namun Bunda tetap harus memerhatikan seberapa banyak suplemen Omega-3 yang harus dikonsumsi setiap harinya?

Jika Bunda ingin menggunakan suplemen, pakar internasional merekomendasikan 300-600 mg DHA per hari untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui. 

Apakah tidak bisa hanya dengan mengonsumsi ikan saja? Rekomendasi Bumil atau Busui untuk mengonsumsi ikan adalah 8 hingga 12 ons (2 hingga 3 porsi) per minggu. Karena itu, suplemen mungkin bisa jadi salah satu alternatif yang aman dan juga mudah bagi Bunda untuk memenuhi kadar Omega-3 dalam tubuh.

Dapatkan Manfaat Omega-3 dari Makanan Ini!

Tidak perlu khawatir jika Bunda ragu untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung Omega-3 karena mungkin relatif mahal. Sesungguhnya, manfaat Omega-3 bisa Bunda terima dengan mudah dari beberapa makanan ini:

  • Ikan kembung

Selain mudah ditemukan, ikan kembung ternyata kaya akan nutrisi Omega-3 dan juga Vitamin B12. Ikan kembung juga tidak membutuhkan banyak persiapan untuk diolah, cukup digoreng sudah sangat lezat, Bunda.

  • Ikan salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang paling kaya akan nutrisi. Selain tinggi Omega-3, salmon juga mengandung Vitamin D dan Vitamin B yang besar. 

  • Ikan sarden

Ikan kecil berminyak yang mudah ditemukan dan murah, ikan sarden ternyata mengandung banyak Omega-3, Vitamin B12, dan Vitamin D.  

  • Chia seeds

Chia seeds (biji chia) sangat bergizi kaya akan Omega-3, mangan, selenium, magnesium dan beberapa nutrisi lainnya.

  • Kedelai

Kedelai merupakan sumber serat dan protein nabati yang baik. Kedelai juga merupakan sumber nutrisi lain termasuk asam folat, Vitamin K, magnesium dan potasium. Kedelai juga sangat tinggi asam lemak Omega-6.

  • Almond Fish Snack

Snack dengan bahan dasar kacang almond premium satu ini mengandung banyak gizi baik untuk anak-anak dan bumil, seperti: Omega-3 & Omega-6, Vitamin B2, Vitamin E, protein, dan juga kalsium. Ada juga snack almond fish snack yang terbuat dari ikan teri jengki (brown anchovy) yang bisa jadi pilihan karena kaya rasa.

Nutrisi dalam almond fish snack yang pas, dapat membantu perkembangan otak dan mempertahankan kepadatan tulang yang juga sangat baik untuk ibu menyusui. Sebaiknya Bunda mengonsumsi Almond Fish Snack yang tidak mengandung MSG, pengawet, bebas formalin, sudah melalui tes laboratorium, dan bersertifikasi BPOM, sehingga Bunda tak perlu ragu lagi akan keamanannya.

Bunda mau cobain produk ini secara gratis? Klik gambar di atas, atau klik di sini sekarang untuk mendapatkan produk Crystal of The Sea, gratis!

Sumber:

WebMD. The Facts on Omega-3 Fatty Acids.

Mollers. Why Omega-3 is Good for Breastfeeding Mums and Babies

Healthline. 17 Science- Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *