Perlukah Panik Saat Bayi Belum Lahir Setelah 40 Minggu?

Jika pada usia kehamilan 40 minggu kelahiran bayi tak kunjung terjadi, ibu hamil tidak perlu merasakan kekhawatiran berlebih. Hal ini karena kelahiran melewati masa perkiraan lahir juga bisa saja dialami 5 hingga 10 persen ibu hamil.

Kelahiran melewati usia 40 minggu dianggap aman jika tidak melewati lebih dari 2 minggu atau memasuki usia 42 minggu. Hal ini karena usia kehamilan melebihi 42 minggu rentan untuk mengalami gangguan baik pada janin ataupun ibu hamil.

Jika usia kehamilan menginjak usia 42 minggu lebih namun ibu hamil tak kunjung melahirkan, plasenta janin sudah tidak dapat bekerja secara semestinya. Kebutuhan gizi dan oksigen janin dapat terhambat sehingga kesehatan janin dapat terganggu. Selain itu, pada usia kehamilan 42 minggu lebih, air ketuban juga akan berkurang sehingga kondisi janin dalam kandungan bisa terganggu, bahkan hal ini juga bisa menyebabkan komplikasi persalinan.

Oleh karena itu, agar kelahiran bayi dapat segera terjadi, dokter mungkin akan melakukan induksi untuk merangsang terjadinya kontraksi. Jika cara ini telah dilakukan atau kondisi ibu hamil tidak memungkinkan, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi caesar demi keselamatan ibu dan janin dalam kandungan.

By dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *