Normalkah Mengalami Flek Saat Hamil Muda?

flek hamil muda

Mendapati darah keluar dalam tubuh, tentu membuat panik, apalagi bila Bunda sedang hamil. Apakah normal terjadi flek saat hamil? Dan apa yang harus dilakukan bila terjadi flek saat hamil muda?

Penyebab Flek Saat Hamil Muda

flek hamil muda

Sebanyak 20% perempuan mengalami pendarahan di 12 minggu pertamanya, sehingga bisa dikatakan flek saat hamil muda sangat normal terjadi. 

Penyebab flek saat hamil karena terjadinya pendarahan implantasi, yaitu pendarahan yang terjadi saat sel telur yang telah dibuahi menempel di rahim.

Bunda banyak yang menduga, saat proses ini terjadi, kehamilan belum terjadi. Padahal, saat itu sel telur sudah dibuahi dan siap berkembang menjadi janin.

Beberapa hal lain yang menyebabkan flek saat hamil muda adalah perubahan hormon sehingga serviks mudah berdarah, penetrasi penis yang terlalu keras saat berhubungan seks, dan infeksi vagina. Faktor-faktor yang flek saat hamil muda ini tidak berbahaya dan membuat Bunda khawatir.

Namun, kemungkinan terjadinya keguguran saat adanya flek juga ada. Hal inilah yang paling ditakuti oleh para wanita. Namun, Bunda tidak perlu khawatir. Bila detak jantung masih terdengar saat Bunda melakukan ultrasound, 90% janin dalam keadaan baik. 

Gejala keguguran berupa sakit punggung, keluar lendir berwarna pink dan putih, kram, keluar gumpalan darah dari vagina. Dokter biasanya melakukan kuret saat keguguran terjadi.

Ada juga pendarahan yang merupakan gejala dari kondisi kehamilan ektopik. Ini adalah pendarahan yang terjadi saat embrio menempel di luar rahim. Kondisi ini berbahaya bagi ibu dan janin, namun selama ini masih sangat jarang terjadi.

Bila Flek Terus Berlanjut di Trimester Kedua dan Ketiga

Terkadang flek tidak hanya terjadi pada saat hamil. Namun, flek juga dapat terjadi saat trimester kedua dan ketiga. Dalam hal ini, beberapa penyebabnya adalah:

Plasenta previa

Kondisi ini terjadi ketika plasenta menutup sebagian atau seluruh serviks. Plasenta previa bisa dilihat lewat pemeriksaan USG di trimester kedua dan trimester ketiga lewat tanda flek saat hamil.

Dalam kondisi ini dokter akan menganjurkan Bunda untuk beristirahat, termasuk jeda dalam berhubungan seksual.

Solusio plasenta

Solusio plasenta atau plasenta abruptio adalah kondisi saat plasenta lepas dari dinding rahim.

Selain flek cokelat, tidak menutup kemungkinan Bunda mengalami pendarahan berat sampai pembekuan darah yang efeknya membuat sakit perut, kram, nyeri di sekitar uterus dan punggung.

Stillbirth

Stillbirth adalah kondisi saat bayi meninggal dalam kandungan. Bunda dikatakan mengalami stillbirth, ketika bayi telah berusia 28 minggu dan tidak terlihat adanya tanda kehidupan. Stillbirth juga ditandai dengan sakit perut, kram, dan pendarahan.

Tindakan yang Perlu Bunda Lakukan Saat Pendarahan Terjadi

Menemukan flek darah saat hamil, tentu membuat Bunda panik. Namun coba tenangkan diri dan gunakan pantyliner agar darah tidak merembes keluar. Pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasi flek.

Saat flek terjadi di usia kehamilan muda, dokter mungkin akan menyarankan Bunda untuk tidak menggunakan tampon dan berhubungan seksual selama masih mengalami pendarahan.

Selain itu, Bunda juga dilarang membawa barang berat dan disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Dan Bunda akan diminta untuk mengonsumsi banyak makanan bergizi, menjaga berat badan agar tidak naik turun dengan drastis.

Namun, apabila pendarahan yang Bunda alami cukup deras, seperti sedang menstruasi, ini adalah kondisi yang butuh penanganan segera. Bunda juga perlu waspada bila mengalami:

  • kontraksi
  • pendarahan tidak kunjung berhenti dalam 24 jam
  • pusing sampai hampir pingsan
  • demam sampai 38 derajat celcius
  • mengalami rasa sakit di perut dan punggung

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan vagina untuk melihat perdarahan dan melakukan USG, baik dari perut juga transvaginal. Hal ini dilakukan untuk memastikan detak jantung janin dalam keadaan sehat dan berkembang secara baik.

Sumber:

Web MD. 2020. Bleeding During Pregnancy.

Hello Sehat. 2021. Flek saat Hamil di Tiap Trimester, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Halodoc. 2018. Jangan Panik, Ini 4 Cara Menangani Pendarahan Saat Hamil Muda.

Mayo Clinic. Bleeding during Pregnancy.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *