Begini Cara Membuat Janin Lebih Aktif Bergerak

bayi bergerak terus menerus

Rasa geli saat pertama kali janin bergerak di dalam perut, memberikan sensasi yang menakjubkan bagi semua ibu. Biasanya ibu hamil senang menceritakan kembali kejadian tersebut ke banyak orang dan berusaha memperlihatkannya. 

Namun ada juga Bunda yang mengalami kesulitan merasakan gerakan janin. Apakah ada cara khusus membuat janin lebih aktif bergerak?

Waktu Pertama Kali Janin Bergerak di Dalam Perut

janin aktif bergerak

Janin pertama kali bergerak di dalam perut saat Bunda memasuki minggu ke 20-24. Namun, pergerakan janin pada setiap ibu hamil berbeda. 

Pada beberapa ibu, janin sudah dapat dirasakan mulai bergerak di minggu ke-16. Namun ada juga beberapa ibu yang belum merasakan pergerakan janin sampai minggu ke-20. 

Jika saat memasuki minggu-24 dan Bunda belum juga merasakan gerakan janin, Bunda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, pergerakan janin sangat penting diperhatikan selama Bunda hamil. 

Timeline Pergerakan Bayi

Bagaimana kira-kira pola perubahan pergerakan si Kecil di dalam perut? Berikut timeline pergerakan janin: 

  • Minggu 12: Bayi sudah mulai bergerak, tapi Bunda mungkin masih sulit merasakannya karena ukuran bayi masih sangat kecil. 
  • Minggu 16: Ada Bunda yang  mungkin sudah merasakan gerakan seperti kepakan kupu-kupu atau kedutan kecil. Namun, ini bisa jadi adalah gas di perut, atau bayi yang sedang bergerak. 
  • Minggu 20: Pada fase ini, Bunda mungkin mulai bisa merasakan gerakan-gerakan pertama si Kecil, yang disebut “quickening”. 
  • Minggu 24: Gerakan bayi semakin terasa, bahkan Bunda mungkin merasakan sentakan-sentakan yang merupakan tanda bayi sedang cegukan. 
  • Minggu 28: Bayi semakin sering bergerak dan aktif. Tidak hanya cegukan, sekarang tendangan dan pukulannya bisa sangat kuat yang mungkin membuat Bunda terkejut. 
  • Minggu 36: Oleh karena bayi semakin bertumbuh dan ruang geraknya di dalam rahim terbatas, gerakannya sedikit melambat. Namun gerakannya tetap konsisten sepanjang hari. Jika Bunda mendeteksi perubahan yang drastis, segera hubungi dokter. 

Intinya, di trimester pertama, Bunda akan mengalami kedutan-kedutan kecil yang timbul tenggelam. Lalu, biasanya di trimester kedua, semakin bayi berkembang, tendangannya lebih kuat dan lebih sering. 

Sementara pada trimester ketiga, berbagai studi memperlihatkan bayi akan bergerak sekitar 30 kali setiap jam. 

Namun Bunda perlu ingat bahwa bayi cenderung melakukan banyak gerakan pada waktu-waktu tertentu karena mereka sedang beradaptasi dengan siang dan malam. Biasanya, mereka lebih aktif pada pukul 9 malam hingga pukul 1 pagi. Yep, pada saat Bunda sedang tidur! 

Lonjakan aktivitas ini disebabkan oleh perubahan level gula darah. Selain itu, bayi juga biasanya akan merepons terhadap sentuhan atau suara, bahkan bisa menendang ayah saat berpelukan dengan Bunda. 

Cara Membuat Janin Bergerak Aktif

janin aktif bergerak

Di awal, Bunda mungkin hanya akan merasakan sensasi geli pada perut saat pertama kali janin bergerak. Namun, seiring semakin besarnya janin, Bunda bisa saja merasakan pukulan, menyikut, dan tendangan janin. 

Seiring berkembangnya janin, Bunda bisa kok membuat janin lebih aktif bergerak. Bagaimana cara melakukannya? Begini tipsnya:

  • Makan camilan

Kadar gula, rupanya menjadi pemicu bayi mau bergerak. Oleh karena itu, Bunda dapat mengonsumsi camilan pada saat Bunda ingin memastikan keadaan janin, atau pada saat Bunda hendak menghitung banyaknya pergerakan janin.

  • Jogging di tempat

Melakukan gerakan lari di tempat juga memancing janin untuk bergerak. Namun lakukan dengan hati-hati ya, Bun.

  • Menyentuh perut 

Untuk memancing janin bergerak, Bunda dapat menyentuh atau menyenggol perut. Dan, lihat apakah ia bereaksi pada sentuhan Bunda.

  • Arahkan sinar senter ke perut

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke-22, janin sudah dapat mendeteksi cahaya. Bunda dapat mengarahkan sinar senter ke perut, dan lihat pergerakannya saat janin bersembunyi atau malah menghadap cahaya.

  • Berbaring

Setiap gerakan yang Bunda lakukan sebenarnya justru membuat janin merasa dininabobokan, sehingga ia justru tidur. Bila Bunda ingin membangunkan janin, Bunda justru perlu berbaring sebentar.

  • Ajak bicara

Pada usia minggu ke-22 kehamilan, janin sudah dapat mendengar suara Bunda dan sekitar. Ajak janin berbicara, dan lihat responsnya pada perut Bunda.

  • Lakukan sesuatu yang membuat Bunda gugup

Menonton film menegangkan bisa menjadi salah satu cara membuat bayi bergerak. Pasalnya, bayi ternyata merespons adrenalin dari ketegangan Bunda!

  • Pasang lagu

Bila Bunda tidak berhasil dengan cara mengajaknya berbicara, memasangkan lagu bisa menjadi cara membangunkan janin. Pastikan volume musik yang dipasang tidak terlalu keras.

Bila Gerakan Janin Berkurang 

Memantau pergerakan janin sangat penting untuk mengetahui kondisi yang terjadi di dalam perut. Berikut beberapa tahapan yang perlu Bunda lakukan untuk menghitung pergerakan janin.

  • Pada usia kehamilan di minggu ke-28, Bunda disarankan mulai rajin menghitung berapa banyak pergerakan yang dilakukan janin dan membuat tabel yang terdiri dari tanggal, waktu, dan banyaknya hitungan.
  • Bunda disarankan untuk mencatat pergerakan janin di saat: pagi hari saat janin tidak banyak melakukan aktivitas dan malam hari saat janin sangat aktif bergerak
  • Hitung apa pun aktivitas janin yang terjadi selama satu jam, dan catat. 
  • Semakin dekat Bunda dekat dengan waktu kelahiran, Bunda disarankan untuk semakin memperbanyak aktivitas menghitung pergerakan bayi.

Jika kandungan belum mencapai 25 minggu dan tidak merasakan gerakan bayi atau Bunda tidak yakin apakah yang dirasakan adakah bayi, jangan panik dulu. 

Semakin bayi berkembang, Bunda akan semakin pintar membedakan jenis-jenis gerakan yang berasal dari perut. Plus, juga bisa mengetahui kapan bayi akan menjadi lebih aktif. 

Jika gerakannya berkurang, ini juga bisa berarti si Kecil sedang tidur. Dan setelah minggu 32 saat bayi sudah semakin besar dan ruang geraknya semakin kecil, maka gerakannya akan semakin terasa sedikit. 

Pergerakan yang sedikit bisa jadi hanya butuh peringatan bahwa butuh monitoring. Pancing pergerakan bayi dengan kegiatan yang telah disebutkan di atas, misalnya dengan mengemil dan sebagainya. 

American College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa bila dalam dua jam Bunda tidak mendapatkan tendangan sebanyak 10 kali, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Sumber:

Web MD. 2021. Feeling Your Baby Kick.

Healthline. 2020. Getting Your Baby to Move at Different Stages of Pregnancy.

Pregnancy Birth Baby. 2020. Baby Movements During Pregnancy.

What to Expect. 2021. When You’ll Feel Your Baby Move and Kick.

What to Expect. 2018. 8 Tricks for Getting Your Baby to Move in Utero.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *