Ini 9 Manfaat Buah Jambu Air untuk Ibu Hamil

Tidak banyak yang mengetahui kandungan nutrisi yang ada pada jambu air. Kebanyakan orang mengonsumsi jambu air karena rasanya yang menyegarkan. Padahal, ibu hamil akan mendapatkan banyak nutrisi lho, jika mengonsumsi dengan porsi yang tepat! Berikut daftar manfaat jambu air untuk ibu hamil.

Kandungan Jambu Air

Jambu air atau disebut juga Syzygium aqueum, adalah tanaman asli negara-negara Asia Tenggara dan daerah tropis tertentu di India.

Jambu air ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya cukup manis saat matang. Dalam 100 gram jambu air, terdapat: 

  • Air: 93,0 gram
  • Protein: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 5,7 gram
  • Serat makanan: 1,5 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Vitamin C: 156 mg 
  • Vitamin A: 22 mg 
  • Vitamin B1 (Tiamin): 10 mg 
  • Vitamin B3 (Niacin): 5 mg 
  • Kalsium: 29,0 mg 
  • Besi: 0,1 mg 
  • Magnesium: 5,0 mg
  • Fosfor: 8,0 mg 
  • Kalium: 123 mg 
  • Sulfur: 13 mg 1,5%

Jambu air mengandung serat makanan untuk membantu pencernaan. Jambu air juga tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk fungsi jantung. 

Selain itu, jambu air mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta vitamin A untuk penglihatan yang lebih baik. Buah ini juga kaya akan vitamin B yang dapat membantu mengatur metabolisme.

Tidak hanya itu, jambu air juga memiliki sejumlah besar mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan antioksidan, yang memantau fungsi enzim dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam sel-sel tubuh. 

Daunnya juga mengandung senyawa tanaman kuat yang disebut flavonoid, yang mengandung anti-inflamasi bagi penderita kondisi kronis.

Manfaat Jambu Air

Bagi ibu hamil, jambu air mengandung mineral, vitamin A, dan zat besi yang sangat penting bagi kesehatan kehamilan.. Daun jambu air juga memiliki kandungan analgesik dan membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri Bunda pasca melahirkan.

Selain itu, jambu air memiliki daftar manfaat yang panjang bagi ibu hamil sebagai berikut:

  1. Melawan kerusakan radikal bebas

Jambu air kaya akan vitamin C dan senyawa fenolik lainnya yang disebut flavonoid. Kandungan ini membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, polutan dan bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis. 

  1. Fungsi imun 

Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih. Sifat vitamin C sebagai antioksidan akan menghilangkan kerusakan oksidatif dan meningkatkan kelancaran fungsi. Vitamin C juga efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pilek.

  1. Mengurangi risiko stroke

Jumlah natrium dan kolesterol menurunkan kemungkinan stroke dan penyakit kesehatan seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, dan tekanan darah.

  1. Meningkatkan kolesterol HDL yang baik

Jambu air adalah sumber niacin yang mengatur sintesis kolesterol dalam sistem. Niacin meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik dan mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol LDL jahat dalam darah.

  1. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi jambu air membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan, dengan bertindak sebagai katalis enzim dalam proses biokimia. Hal ini akan meningkatkan nafsu makan dan metabolisme yang tepat dan membantu menjaga berat badan yang optimal.

  1. Mencegah sembelit

Serat makanan dalam jambu air mendukung sistem pencernaan dalam pergerakan material dan terhindar dari sembelit. Hal ini mendukung berat badan yang sehat dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan diabetes.

  1. Menyembuhkan kram otot

Jambu air memiliki jumlah potasium dan air yang cukup untuk meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang sering disebabkan karena rendahnya kadar kalium, natrium, dan dehidrasi.

  1. Menghidrasi tubuh

Kandungan air yang melimpah dalam jambu air menghilangkan haus dan mendinginkan tubuh, apalagi ketika musim panas saat orang sering mengalami dehidrasi. 

  1. Menyembuhkan kerusakan hati

Kerusakan hati menyebabkan berbagai penyakit yang disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan, anemia, malnutrisi, infeksi dan obat-obatan hepatotoksik. Jambu air mengandung agen hepatoprotektor yang membantu dalam mengobati penyakit hati secara efektif.

Manfaat jambu air  yang melimpah membuatnya menjadi salah satu buah yang boleh dikonsumsi ibu hamil. Namun, Bunda tetap perlu menjaga porsi yang tidak berlebihan. Mengonsumsi jambu air secara berlebihan juga dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk. 

Bunda juga sebaiknya menghindari makan jambu air sebagai rujak dengan sambal yang sangat pedas, karena dapat menyebabkan sakit perut. Pastikan juga, Bunda mencuci bersih jambu air sebelum dikonsumsi, ya, Bun!

Sumber:

Netmeds. 2020. Water Apple: Health Benefits, Nutrition, Uses For Skin And Hair, Recipes, Side Effects.

Sehat Q. 2020. Sederet Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui.

Theasianparent. Penuhi kebutuhan Vitamin A untuk Bumil, Ini Sederet Manfaat Lain Jambu Air!

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *