12 Cara Menikmati Kehamilan Bunda!

Kehamilan merupakan proses yang penuh dinamika. Berbagai tantangan dan perubahan menimbulkan berbagai emosi bagi ibu hamil. Tiap ibu pun memiliki pengalaman yang berbeda akan kehamilan. Ada yang menjalaninya dengan mudah, namun ada juga yang menjalaninya dengan berat.

Walaupun begitu, semua ibu setuju bahwa kehamilan adalah momen yang sangat personal dan istimewa. Oleh karena itu, daripada hanya berfokus dengan hal-hal yang buruk, cobalah untuk menggali berbagai keistimewaan saat hamil, yang bisa membuat Bunda lebih menikmati kehamilan. Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat Bunda lakukan untuk membantu menikmati proses kehamilan!

1. Manfaatkan status Bunda sebagai orang yang diprioritaskan! 

Perbedaan dari perempuan menjadi ibu hamil pasti menjadi sosok yang diperhatikan dan diprioritaskan oleh orang sekitar. Saat Bunda menjalani kehamilan, orang di sekitar pasti selalu bersedia membantu Bunda, misal saat di kendaraan umum, Bunda pasti akan selalu mendapatkan kursi prioritas. Ini adalah salah satu keistimewaan yang bisa Bunda manfaatkan, lho. Cobalah untuk lebih banyak minta ditemani atau tidak segan meminta bantuan orang-orang di sekeliling Bunda. 

2. Menyiapkan kedatangan anggota keluarga baru 

Menyiapkan kedatangan si Kecil juga jadi momen menyenangkan. Ciptakan antusiasme Bunda dengan mendekorasi kamar bayi, membeli baju, sepatu, maupun berbagai pernak-pernik lain. Walaupun begitu, upayakan tetap membuat perencanaan belanja, agar tidak berlebihan ya. 

BACA: Kapan Sebaiknya Belanja Perlengkapan Bayi?

3. Menjadi ratu selama 9 bulan 

Sampingkan semua pekerjaan rumah Bunda karena prioritas Bunda adalah menjaga tubuh agar tetap sehat, juga menjaga mood agar tetap selalu positif dan menyenangkan. Kenali sinyal-sinyal tubuh Bunda dan upayakan tidak memaksakan diri. Bunda pun bisa menyediakan hal-hal untuk membuat Bunda lebih nyaman, seperti bantal khusus ibu hamil agar dapat tidur lebih nyenyak, menyediakan cemilan kesukaan di kantor, maupun meluangkan waktu untuk tidur siang. Sedang ngidam sesuatu? Jangan ragu untuk minta tolong Ayah untuk membelikannya!

4. Bentuk suami siaga

Tak ada yang lebih menyenangkan dari diperhatikan lebih oleh Ayah. Bunda sering merasa pegal saat hamil? Mintalah Ayah untuk membantu Bunda melakukan pijatan. Pijat prenatal dapat membuat Bunda lebih rileks dan aman, meredakan stres otot, pembengkakan, nyeri punggung, dan sirkulasi darah. Ajak suami untuk turut menyiapkan keperluan Si Kecil dan ikut serta konsultasi rutin ke dokter. Jangan ragu pula untuk menyampaikan pada suami terkait apa yang Bunda rasakan dan butuhkan ya. 

5. Dapatkan motivasi untuk hidup lebih sehat 

Sebelum hamil, mungkin prioritas untuk diri sendiri seringkali terabaikan, salah satunya konsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga. Saat hamil, Bunda tidak lagi hidup sendiri, melainkan ada janin yang turut berkembang bersama Bunda. Oleh karena itu, hidup sehat menjadi kewajiban yang harus dijalankan. Dalam waktu 9 bulan setidaknya, Bunda bisa mengembangkan kebiasaan makan sehat, olahraga ringan, menghindari alkohol dan asap rokok, melakukan meditasi, atau apa pun yang membuat tubuh Bunda dan si Kecil lebih baik.

6. Berhubungan kembali dengan orangtua Bunda 

Mungkin selama ini hubungan Bunda dengan orangtua tidak terlalu dekat atau sedang berjauhan. Momen kehamilan sesungguhnya bisa mendekatkan diri kembali kepada orangtua. Gunakan momen ini untuk meningkatkan komunikasi dengan mereka, ya Bunda. Tidak hanya orangtua Bunda loh, ada baiknya bila Bunda turut membangun komunikasi yang baik dengan mertua. Setelah menikah, Bunda kan menjadi anak mereka juga. 

7. Warnai kehidupan seks Bunda

Setelah rasa mual menghilang, gairah Bunda kembali bangkit. Inilah waktunya untuk kembali aktif melakukan hubungan seksual bersama suami. Selain untuk menyalurkan gairah, hubungan seksual bisa menciptakan ikatan yang kuat antar suami-istri. Bila Bunda kesulitan untuk berhubungan seksual dengan posisi konvensional, cobalah bereksperimen dengan posisi baru (upayakan Bunda dan suami sama-sama merasa nyaman ya). Berkreasilah dengan pakaian dalam baru, pencahayaan berbeda, menggunakan wewangian maupun musik, agar makin memanaskan suasana. 

BACA: Panduan Lengkap Berhubungan Seks Saat Hamil

8. Dapatkan teman baru

Saat kontrol kehamilan, Bunda bertemu dengan ibu hamil lainnya yang mungkin bisa bertukar cerita dengan Bunda. Tak jarang Bunda mungkin juga bisa menjadikannya teman baru. Bunda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas ibu hamil dan saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman mengenai kehamilan.

9. Berbagi kegembiraan 

Bicarakanlah hal-hal yang menyenangkan dengan orang-orang di sekitar, seperti apa yang mereka sukai tentang kehamilan, bagaimana serunya mempersiapkan kelahiran, rasa gembira saat akhirnya dikaruniai buah hati, dll. Cerita-cerita yang menyenangkan bisa membuat Bunda merasa lebih tenang dalam menjalani kehamilan. Upayakan tidak bercerita mengenai hal-hal yang mengerikan ya. Apalagi bila Bunda terus-menerus mencari informasi-informasi yang negatif akan kehamilan.  

10. Melakukan photoshoot untuk mengabadikan momen

Kehamilan adalah momen yang sangat bermakna, maka Bunda dapat mengabadikannya dengan foto. Selain bisa menciptakan kenangan-kenangan, maternity shoot merupakan bukti rasa cinta diri dan janin, serta bisa menguatkan hubungan antar suami-istri loh! Bila Bunda punya anggaran dan waktu, silakan bila ingin melakukan photoshoot di luar. Akan tetapi bila tidak, gunakanlah sumber daya yang Bunda punya ya! Bunda bisa melakukan maternity shoot di rumah dengan memaksimalkan properti yang ada di rumah. Tidak perlu repot pergi ke studio foto, Bunda bisa meminta bantuan Ayah sebagai fotografer, dan cukup melakukannya dengan kamera handphone saja. 

11. Menebak-nebak karakteristik si Kecil

Salah satu hal yang juga menyenangkan bagi Bunda dan Ayah adalah ketika menebak-nebak, apakah si Kecil lebih mirip Bunda atau Ayah, ya? Obrolan ringan ini cukup menyenangkan dilakukan saat sedang senggang. Bagaimanapun rupa dan sifat Si Kecil nanti, pasti akan memuat hal-hal yang positif dari Bunda dan suami ya! 

12. Punya waktu liburan 

Setelah Si Kecil lahir nanti, waktu Bunda dan suami untuk berdua akan berkurang. Sulit juga untuk bepergian. Oleh karena itu, sekaranglah waktu yang tepat untuk liburan atau babymoon. Babymoon pun juga memiliki banyak manfaat bagi Bunda, seperti melepaskan stres, memperat hubungan dengan Ayah, menyegarkan pikiran, dan mengabadikan momen kehamilan. Walaupun begitu, di saat pandemi seperti ini, tetaplah taat dengan protokol kesehatan. Jangan lupa untuk mengenakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan juga melakukan vaksin, ya!

Berikut adalah tips-tips yang dapat Bunda lakukan agar proses kehamilan lebih menyenangkan. Bunda dapat memodifikasinya maupun menjalankan tips lain yang lebih cocok dengan Bunda. Setiap kehamilan istimewa, setiap ibu istimewa, maka manfaatkan keistimewaan tersebut untuk menikmati momen kehamilan ini ya, Bunda. 

Sumber

Parents. 2018. 25 Ways to Love Being Pregnant

By Mardiana Hayati Solehah, M. Psi, Psikolog

Psikolog Klinis

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *