Cegah Komplikasi, Ini 10 Buah yang Kaya Manfaat untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi yang baik merupakan salah satu kunci agar kehamilan Bunda selalu sehat dan janin dapat berkembang secara optimal. Selain itu, asupan makanan yang bernutrisi juga penting bagi ibu hamil untuk mencegah berbagai risiko komplikasi kehamilan seperti kelainan janin, kelahiran prematur, dan keguguran.

Agar kesehatan kehamilan tetap terjaga, Bunda dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, zat besi, asam folat dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik bagi kehamilan. Bunda pun juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah karena buah mengandung berbagai vitamin serta mineral alami yang penting bagi kesehatan janin.

Buah memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi ibu hamil dan janin. Untuk itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah secara rutin selama kehamilan. Apa saja manfaatnya? Lalu buah apa yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini ya, Bun.

Manfaat Buah Bagi Kehamilan

Buah merupakan asupan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi ibu hamil. Buah untuk ibu hamil dapat bermanfaat sebagai sumber serat, vitamin, serta mineral yang dapat mendukung perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain dapat menjadi sumber serat, buah untuk ibu hamil juga dapat berfungsi untuk mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol, mencegah sembelit, serta menurunkan risiko penyakit diabetes gestasional yang dapat terjadi selama kehamilan.

Selain dapat membantu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, buah juga dapat mengurangi rasa mual yang terjadi saat Bunda mengalami morning sickness. Rasa mual pada morning sickness terkadang membuat Bunda menjadi tidak nafsu makan. Maka dari itu, buah bisa menjadi pelengkap kebutuhan nutrisi Bunda saat kesulitan makan karena morning sickness.

Buah untuk ibu hamil dapat menjadi pilihan camilan yang sehat. Mengonsumsi camilan saat hamil dapat berguna untuk menambah asupan nutrisi bagi kehamilan. Namun, Bunda juga harus hati-hati dalam memilih camilan karena mengonsumsi camilan secara berlebihan justru dapat menyebabkan obesitas. Untuk menghindarinya, Bunda dapat mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah yang kaya akan nutrisi yang baik bagi perkembangan janin.

BACA: Aman Tidak Ya, Salad Buah untuk Ibu Hamil?

Buah yang Kaya Manfaat untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat. Setiap buah pun memiliki manfaat tersendiri yang baik bagi kehamilan dan tumbuh kembang janin. Berikut ini beberapa rekomendasi buah yang bermanfaat bagi ibu hamil:

1.    Mangga

Buah mangga mengandung vitamin C dan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil serta mengurangi risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan. Selain itu, vitamin C juga baik untuk meningkatkan sistem metabolisme ibu hamil serta dapat mencegah terjadinya sembelit.

2.    Jeruk

Rekomendasi buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah jeruk. Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik untuk membantu menjaga kekebalan tubuh serta membantu penyerapan zat besi pada ibu hamil.

Tak hanya itu saja, jeruk merupakan salah satu sumber asam folat yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin.  Asam folat berperan penting dalam pembentukan tabung saraf pada janin serta dapat mencegah cacat tabung saraf, mencegah preeklamsia, mencegah anemia, dan mengurangi risiko keguguran.

 3.    Pir

Buah pir dapat menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Dalam satu buah pir, mengandung kira kira 10 mg vitamin C dan 14 mcg asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta janin.

Buah pir juga mengandung berbagai nutrisi lain yang baik bagi kehamilan seperti karbohidrat, kalium, magnesium, dan vitamin A.  Selain itu, bagi Bunda yang memiliki kadar gula berlebih, buah pir hijau mengandung indeks glikemik rendah sehingga cocok untuk dijadikan camilan tanpa khawatir risiko diabetes.

4.    Delima

Buah delima atau pomegranate mengandung vitamin C serta antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta menjaga daya tahan tubuh pada ibu hamil. Selain itu, delima juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Masalah gigi dan mulut merupakan salah satu keluhan yang sering dialami selama kehamilan. Dengan mengonsumsi buah delima, Bunda dapat mencegah gigi berlubang serta gusi bengkak yang sering dialami oleh ibu hamil.

5.    Pisang

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah pisang. Buah pisang merupakan sumber asam folat yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Rutin mengonsumsi pisang selama kehamilan dapat meningkatkan kadar asam folat dalam tubuh sehingga mencegah risiko kelainan janin serta kelahiran prematur pada bayi.

Selain mengandung asam folat, pisang juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mencegah osteoporosis pada ibu hamil.

6.    Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalori pada ibu hamil. Lemak baik yang terdapat dalam alpukat meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, serta memperkuat struktur sel membran pada pada bayi.

7.    Jambu biji

jambu merupakan buah untuk ibu hamil yang kaya akan vitamin C. Dalam 100 gr jambu biji mengandung sekitar 87 mg vitamin C yang sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian ibu hamil. Jambu biji juga mengandung serat yang dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit pada ibu hamil.

8.    Apel

Bagi Bunda yang ingin menjaga berat badan selama kehamilan, Bunda dapat mengonsumsi buah apel secara rutin karena apel memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori. Selain itu, apel juga mengandung vitamin C, kalsium, dan  karbohidrat sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

9.    Stroberi

Stroberi merupakan buah yang bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil serta janin seperti karbohidrat, vitamin C, antioksidan, serat, kalium, kalsium, magnesium, dan asam folat. Selain rasanya yang menyegarkan, stroberi juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kelainan janin, mencegah anemia, dan menurunkan tekanan darah pada ibu hamil.

10.  Kiwi

Kiwi mengandung asam folat dan protein yang berfungsi untuk mendukung pembentukan jaringan saraf dan otak janin. Menurut beberapa penelitian, kandungan serotonin yang terdapat pada kiwi dapat membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak.

Itulah beberapa rekomendasi buah yang memiliki banyak manfaat bagi kehamilan. Selain dengan mengonsumsi buah, Bunda juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi kehamilan dengan berbagai makanan yang bergizi seimbang. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang baik agar Bunda dan janin tetap sehat selama masa kehamilan.

BACA: Apakah Ada Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil?

Sumber:

Medical News Today. 2020. Which Fruits Should You Eat During Pregnancy

Healthline. 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy

Parenting First Cry. 2010. 16 Best Fruits to Eat During Pregnancy

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *