Mitos atau Fakta: Makanan dan Minuman Ibu Hamil Ini Dapat Membuat Kulit Bayi Putih

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Setiap ibu hamil pasti mengharapkan bayinya dapat lahir dengan sehat dan sempurna serta lahir dengan kondisi kulit yang sehat. Tak jarang, orang-orang di sekitar Bunda pun ikut menyarankan makanan dan minuman tertentu agar bayi lahir dengan kulit yang putih dan bersih.

Namun, apakah makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi warna kulit bayi? Sayangnya, ternyata hal ini hanya mitos belaka, Bun. Nyatanya, warna kulit bayi tidak dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi Bunda selama kehamilan. Hal ini dikarenakan warna kulit bayi umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik.

Walaupun makanan atau minuman ibu hamil tidak dapat menjamin bayi lahir dengan kulit yang putih, Bunda dapat mengonsumsi makanan atau minuman bernutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan kehamilan sehingga bayi lahir dengan sempurna termasuk kondisi kulit yang sehat.

Perkembangan Warna Kulit Bayi

bayi bergerak terus menerus

Pada usia kehamilan 9 minggu, sel-sel yang yang memproduksi melanin atau zat warna kulit mulai muncul pertama kali di kulit bayi. Namun, sebagian besar produksi melanin tidak terjadi sampai setelah bayi lahir. Namun, semakin banyak melanin yang diproduksi, warna kulit bayi akan semakin gelap.

Warna kulit bayi yang lahir dari orang tua berkulit gelap mungkin akan terlihat lebih terang daripada orang tuanya. Namun, ada kemungkinan kulit bayi pun akan terlihat semakin gelap dalam waktu beberapa bulan atau beberapa tahun sampai mencapai warna dasar kulitnya.

Kulit Si Kecil terus berkembang setelah ia lahir untuk membantunya beradaptasi dengan lingkungan dunia luar. Produksi melanin pun biasanya akan meningkat dan membuat warna kulit bayi akan lebih gelap. Peningkatan melanin ini akan memberikan perlindungan lebih dari sinar ultraviolet matahari.

Makanan dan Minuman Bernutrisi yang Baik Bagi Ibu Hamil

ikan yang bagus untuk anak

Sampai saat ini, memang belum ada penelitian mengenai pengaruh makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu hamil dengan warna kulit bayi. Namun, Bunda dapat mengonsumsi berbagai asupan bernutrisi saat hamil agar bayi lahir dengan sempurna, termasuk dengan kondisi kulit yang sehat. Berikut ini beberapa makanan dan minuman penuh nutrisi yang baik bagi kehamilan:

1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti karbohidrat, gula, protein, natrium, kalium, magnesium, kalsium, zinc, vitamin B dan vitamin C. Di masa kehamilan, air kelapa dapat mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi, meredakan morning sickness dan menurunkan tekanan darah.

2. Buah beri

Buah beri termasuk blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan yang tinggi dan baik bagi ibu hamil. Selain itu, buah beri mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit serta asam folat yang dapat membantu pembentukan sel-sel otak bayi. Buah beri pun juga memiliki kandungan fitonutrien termasuk flavonoid dan antosianin yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

3. Alpukat

Asupan lainnya yang memiliki banyak nutrisi bagi ibu hamil adalah alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin B, vitamin K, potassium, magnesium, dan serat. Vitamin C dalam alpukat juga membantu mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit bayi.

4. Jeruk

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, buah jeruk juga kaya akan asam folat yang penting bagi perkembangan saraf serta otak janin.

5. Anggur

Buah anggur mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kehamilan seperti vitamin, antioksidan, asam organik, serat, asam folat, dan pektin. Menurut artikel yang diterbitkan Oregon state University, anggur merupakan buah yang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, antosianin, linalool, geraniol, dan tanin. Kandungan antioksidan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah infeksi pada ibu hamil.

6. Ikan

Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna, salmon, dan sarden merupakan asupan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega-3 ini dapat membantu regenerasi membran sel sehingga dapat membuat kulit bayi menjadi lebih sehat dan elastis.

7. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil. Kandungan asam folat pada kacang hijau juga dapat bermanfaat untuk membantu pembentukan tabung saraf bayi serta mencegah bayi lahir cacat.

Bayi yang lahir dengan kulit yang bersih dan putih mungkin menjadi dambaan tiap Bunda. Namun nyatanya, kulit bayi yang baru lahir biasanya akan diselubungi oleh lapisan putih yang mirip kerak dan sering dianggap sebagai kotoran. Ibu hamil pun sering melakukan berbagai cara dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu agar bayi dengan kulit yang putih bersih.

Padahal sebenarnya, lapisan yang sering menyelimuti bayi saat lahir ini merupakan lapisan vernix yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit bayi dan dapat mengelupas lalu hilang dengan sendirinya. Selain itu, warna kulit bayi pun dipengaruhi oleh faktor genetik, bukan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu hamil. Untuk itu, Bunda lebih baik fokus untuk mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi serta menjalani pola hidup sehat agar tumbuh kembang bayi lebih optimal dan Si Kecil lahir dengan sehat

Sumber:

Mom News Daily. 2021. Best Food during Pregnancy for Fair Baby

Babycenter. 2019. Fetal Development: Your Baby’s skin

What to Expect. 2021. 8 Surprising Facts about Your Baby’s Skin

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *