7 Keluhan Ibu Hamil Trimester 1 yang Sering Terjadi

Keluhan ibu hamil trimester 1 bisa sangat beragam, mulai dari yang ringan hingga berat. Hal ini sering membuat Bunda merasa tidak nyaman, bahkan mungkin sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Bunda tidak perlu khawatir ya, karena keluhan ini wajar kok dialami selama hamil muda.

Berbagai Keluhan Ibu Hamil Trimester 1

Pada trimester 1, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan perubahan secara fisik maupun emosional. Meski tidak selalu langsung muncul, keluhan tersebut mulai dapat dirasakan seiring bertambahnya usia kehamilan.

Berikut ini adalah berbagai keluhan ibu hamil trimester 1 yang umum terjadi:

1. Mual dan muntah

Pada trimester 1 kehamilan, mual dan muntah menjadi keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini biasanya terjadi pada pagi hari (morning sickness). Namun, sebenarnya keluhan ini juga bisa dirasakan oleh Bunda sepanjang hari.

Mual dan muntah saat hamil umumnya disebabkan oleh peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dan estrogen di dalam tubuh. Akibat dari keluhan ini, indra penciuman Bunda akan lebih sensitif sehingga mudah memicu mual dan muntah, terutama saat mencium aroma-aroma tertentu.

2. Mudah lelah

Saat hamil, tubuh Bunda akan mudah lelah. Ini karena upaya penyesuaian tubuh terhadap proses kehamilan. Selama hamil, tubuh Bunda akan lebih banyak memproduksi darah untuk membantu proses tumbuh kembang Si Kecil. Selain itu, stres saat hamil juga bisa menyebabkan tubuh terasa lelah lho, Bun.

Bunda juga perlu waspada, rasa lelah saat hamil juga bisa menjadi tanda anemia atau kurang darah. Selain lelah, anemia bisa menimbulkan keluhan lain seperti pucat, sering pusing, sakit kepala, dan mata berkunang-lunang.

Oleh karena itu, untuk mencegah anemia, pastikan Bunda mendapatkan asupan zat besi dan asam folat yang cukup selama hamil, ya.

3. Nyeri payudara

Nyeri payudara merupakan keluhan umum yang terjadi di trimester 1 kehamilan. Keluhan ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon sebagai upaya tubuh untuk mempersiapkan proses menyusui.

Selain itu, perubahan hormon ini juga memicu peningkatan aliran darah yang menyebabkan payudara membesar dan puting susu menjadi gelap.

4. Sembelit

Sembelit juga sering dialami oleh ibu hamil di trimester 1. Keluhan ini dipengaruhi oleh peningkatan kadar hormon progesteron yang membuat pergerakan usus lebih lambat sehingga penyerapan makanan terjadi lebih lama.

Akibatnya, makanan menumpuk di dalam usus sehingga menyebabkan sembelit, penumpukan gas, dan perut kembung.

5. Sakit kepala

Keluhan ibu hamil trimester 1 yang juga sering terjadi adalah sakit kepala. Kondisi ini terjadi akibat perubahan kadar hormon dan volume darah dalam tubuh ibu hamil. Namun, sakit kepala yang dialami Bunda juga bisa disebabkan oleh stres, rasa lelah, atau kadar gula rendah.

6. Lebih sering buang air kecil

Di trimester 1 kehamilan, Bunda akan lebih sering mengalami buang air kecil daripada sebelumnya. Keluhan tersebut disebabkan oleh perubahan hormon tubuh ibu hamil yang membuat ginjal meningkatkan produksi urine. Kondisi ini membuat kandung kemih menjadi cepat penuh sehingga Bunda ingin buang air kecil terus-menerus. 

7. Perubahan suasana hati (mood swing)

Perubahan suasana hati atau mood swing selama hamil biasanya membuat Bunda lebih sensitif, mudah marah, dan mudah menangis. Keluhan ibu hamil trimester 1 ini disebabkan oleh kadar hormon estrogen dan progesteron yang meningkat sehingga memengaruhi suasana hati Bunda.

Selain perubahan hormon, mood swing juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lainnya, seperti stres, rasa lelah, atau perubahan metabolisme.

Keluhan ibu hamil trimester 1 yang muncul bisa berbeda-beda. Jadi, tidak usah khawatir bila Bunda tidak merasakan keluhan apa pun di awal kehamilan. Namun, jika Bunda mengalami keluhan yang berat dan merasa sulit menjalaninya, segera konsultasikan ke dokter ya, Bun.

Sumber:

American Pregnancy Association (2023). Common Discomforts of Pregnancy.

American Pregnancy Association (2023). Mood Swings During Pregnancy.

Cleveland Clinic (2023). Morning Sickness.

Cleveland Clinic (2023). Pregnancy Discomforts.

University of Rochester Medical Center (2023). Encyclopedia. Headaches in Early Pregnancy.

Family Doctor (2021). Changes in Your Body During Pregnancy: First Trimester.

Verywell Family (2021). The Common Discomforts of Pregnancy. What to Expect (2022). Constipation During Pregnancy

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *