Bentuk Perut Hamil Saat 3 Bulan, Sudah Seperti Apa Ya?

bentuk perut hamil saat 3 bulan, diary bunda

Bentuk perut hamil saat 3 bulan biasanya memang belum terlihat, kok, Bun. Soalnya, tubuh Si Kecil di dalam perut juga masih kecil, yaitu sebesar buah lemon. Meski begitu, pada usia kehamilan ini, Si Kecil sudah banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Karena sudah mencapai akhir trimester pertama, banyak ibu hamil yang mungkin mulai bertanya-tanya apakah perutnya sudah terlihat membesar. Tak jarang, ibu hamil juga mulai cemas karena khawatir ada gangguan pada perkembangan janin kalau perutnya belum juga terlihat membesar.

Nah, daripada bingung bentuk perut hamil saat 3 bulan itu seperti apa, yuk ketahui dulu penjelasannya dalam artikel ini, Bun.

Bentuk Perut Hamil Saat 3 Bulan

Sebelum tahu bentuk perut hamil saat 3 bulan, Bunda perlu ingat bahwa setiap ibu hamil bisa mengalami perubahan bentuk tubuh yang berbeda-beda, termasuk bentuk perutnya. Ada yang sudah terlihat menonjol lebih cepat, ada juga yang lebih lambat.

Nah, seperti yang telah disebutkan, bentuk perut hamil saat 3 bulan biasanya belum terlihat besar. Apalagi kalau kehamilannya adalah kehamilan pertama. Namun, ada juga ibu hamil yang perutnya sudah terlihat sedikit menonjol pada masa ini.

Mengapa bisa berbeda? Ada banyak faktornya, Bun, salah satunya karena bentuk badan sebelum hamil. Bentuk perut ibu hamil saat 3 hamil bulan biasanya akan lebih cepat terlihat pada ibu yang bentuk badannya langsing.

Pada trimester awal ini, perubahan bentuk perut ibu hamil bukan disebabkan oleh ukuran rahim yang membesar, ya. Ini karena ukuran janin masih teralu kecil sehingga tidak banyak berpengaruh pada ukuran rahim.

Biasanya, bentuk perut ibu hamil saat 3 bulan bisa sedikit menonjol karena sembelit atau banyaknya udara di saluran cerna, sehingga membuat perut jadi kembung dan tampak sedikit lebih besar. Umumnya, bentuk perut ibu hamil baru akan terlihat menonjol ketika kehamilan sudah mencapai trimester 2.

Perkembangan Kehamilan Saat 3 Bulan

Meski bentuk perut ibu hamil pada usia kehamilan 3 bulan belum begitu terlihat, janin di dalam kandungan tetap mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, lho. Pada masa ini, janin umumnya memiliki bobot sekitar 28 gram dengan panjang kurang lebih 10 cm.

Pada saat mencapai usia kandungan 3 bulan, bagian tubuh janin, seperti kaki, tangan, wajah, serta tulang dan ototnya juga sudah mulai terbentuk. Bahkan, pada bulan ketiga ini, organ reproduksi janin pun mulai terbentuk walaupun belum bisa terdeteksi melalui pemeriksaan USG.

Nah, karena sudah tahu bagaimana bentuk perut hamil saat 3 bulan, Bunda tidak perlu bersedih atau khawatir apabila perut Bunda belum juga terlihat besar. Seperti yang telah dijelaskan, setiap ibu hamil akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang berbeda-beda.

Yang terpenting, Bunda harus fokus untuk menjaga kesehatan janin dan kandungan, serta diri Bunda sendiri, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat yang bergizi dan melakukan kontrol rutin ke dokter. Dengan begitu, kehamilan Bunda akan selalu sehat sampai waktu persalinan nantinya.

Sumber:

Cleveland Clinic (2022). Health Library. First Trimester.

Flo Health (2023). Pregnant belly: What to expect from your growing baby bump.

Healthgrades (2023). 3 Months Pregnant: What to Expect and What to Know.

Healthline (2020). What to Expect at 3 Months Pregnant.

WebMD (2023). First Trimester of Pregnancy.

WebMD (2023). The First Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Early Pregnancy.

Verywell Health (2023). What Is a Pregnant Belly?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *