Agar Cepat Pulih, Lakukan 6 Hal Ini Setelah Caesar

Waktu pemulihan setelah melahirkan dengan operasi caesar memang lebih panjang daripada dengan persalinan normal. Bekas jahitan pasca-operasi juga membuat Bunda tidak dapat segera aktif bergerak dan sepenuhnya merawat Si Kecil. Namun ada hal-hal yang dapat dilakukan dan yang sebaiknya tidak dilakukan untuk mempercepat penyembuhan.

Beberapa hal di bawah ini dapat menjadi panduan untuk Bunda lakukan  setelah operasi caesar:

Banyak istirahat

Caesar adalah operasi besar sehingga tubuh perlu waktu panjang untuk kembali pulih. Meskipun sibuk menyusui dan menyesuaikan diri dengan jam tidur bayi, namun Bunda perlu berupaya untuk memenuhi kebutuhan istirahat.

Menjaga asupan makanan dan minuman

Mengonsumsi makanan bernutrisi sehat dan menjaga konsumsi air mineral penting agar Bunda dapat segera pulih pasca-caesar. Selain itu nutrisi ini juga penting terutama jika Bunda menyusui Si Kecil.

Perbanyak jalan kaki

Meskipun terasa berat, tapi memperbanyak jalan kaki dapat membantu mencegah sembelit dan penggumpalan darah setelah operasi.

Menjaga mood

Baby blues sering dialami ibu pascamelahirkan, termasuk yang melahirkan dengan caesar, terutama karena perubahan hormon. Jika Bunda merasa cemas, khawatir, dan kelelahan sepanjang waktu, Bunda mungkin perlu mengonsultasikannya kepada orang yang Bunda percaya atau dokter.

Tahan perut

Agar tidak terasa sakit, tahan perut dengan tangan saat batuk, bersin, atau tertawa. Beberapa ibu juga menggunakan korset untuk membantu mengecilkan dan menahan perut.

Temukan posisi nyaman untuk menyusui

Ibu yang baru menjalani operasi caesar perlu mencari posisi tersendiri agar dapat menyusui dengan nyaman.

Nah, apakah Bunda sudah melakukan hal-hal di atas?

By dr. Febriyan Nicholas K., Sp.OG, M. Kes

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *