Hamil Saat Menyusui, Mungkinkah?

hamil saat menyusui

Pascamelahirkan Bunda akan disibukkan dengan kegiatan mengurus si Kecil sepanjang siang dan malam. Tenaga yang terkuras karena jam tidur yang berkurang, kegiatan menyusui yang tiada henti hampir membuat Bunda tidak punya kesempatan memikirkan hal lain. Namun siapa sangka, dalam hiruk pikuk kesibukan tersebut ternyata Bunda hamil kembali. Bagaimana hamil saat menyusui dapat terjadi?

Menyusui Bukan Jaminan

hamil saat menyusui
Foto: freepik.com

Dibandingkan Bunda yang memberikan asupan susu formula, Bunda yang menyusui si Kecil dengan ASI, sebenarnya dapat mencegah kehamilan secara alami.

Hormon oksitosin yang berperan pada produksi ASI, memengaruhi otak untuk tidak menghasilkan sel telur yang biasanya diproduksi oleh wanita setiap bulannya. 

Bila Bunda memberikan ASI eksklusif selama enam bulan sebelum Bunda datang bulan, sebenarnya potensi Bunda hamil kurang dari 5%. Namun, mengandalkan kontrasepsi alami juga tidak bijaksana. Bunda tetap disarankan untuk berhati-hati bila memang ingin mencegah kehamilan saat menyusui.

Seperti yang kita ketahui, ovulasi terjadi sebelum menstruasi terjadi. Pada wanita menyusui, walau menstruasi tidak terjadi, bukan berarti ovulasi tidak berjalan.

Bahkan, pada wanita menyusui, menstruasi sering terjadi dua minggu setelah ovulasi terjadi. Artinya, bila pada saat menyusui Bunda menunda menggunakan kontrasepsi sampai datang bulan, hal ini sangat terlambat. BIsa saja Bunda sudah terlanjur hamil.

Apakah Aman Hamil Saat Menyusui?

hamil saat menyusui
Foto: freepik.com

Menyusui saat ibu hamil sangat aman. Namun, beberapa wanita bisa saja mengalami kram akibat hormon oksitosin. Hormon ini memang mempunyai efek kontraksi. Diskusikan dengan dokter bila Bunda mengalami kontraksi selama menyusui. 

Pada dasarnya hamil saat menyusui itu aman. Walau banyak hormon hamil yang muncul, tidak akan memengaruhi kandungan ASI. Hormon oksitosin yang dihasilkan juga hanya sedikit, sehingga tidak akan menyebabkan kontraksi yang mengakibatkan pada kelahiran prematur atau keguguran. 

Bila dokter memberikan peringatan akan kehamilan risiko tinggi, kemungkinan kehamilan bayi kembar, Bunda mengalami sakit atau mengalami pendarahan saat buang air kecil, atau disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual oleh dokter, ini patut dikhawatirkan.

Namun bila dokter tidak menyarankan apa pun, hamil dengan menyusui tergolong aman untuk Bunda jalani.

Tips Hamil Saat Menyusui

Foto: freepik.com

Agar menyusui tetap lancar saat hamil, Bunda bisa melakukan beberapa tips ini:

Duduk atau Berbaring Saat Menyusui

Dengan kehamilan yang dialami, Bunda harus mulai lebih berstrategi dalam mencari peluang istirahat. Saat menyusui, misalnya, disarankan Bunda lakukan dengan berbaring atau duduk. Dengan demikian, Bunda dapat menghemat tenaga. Pilih juga posisi yang paling nyaman saat Bunda memompa ASI.

Monitor Produksi ASI

Produksi ASI biasanya akan menurun setelah empat sampai lima bulan kelahiran. Oleh karena itu, Bunda harus mulai memperhatikan persediaan ASI agar tidak mengganggu asupan si Kecil. 

Saat bayi yang dikandung lahir, pastikan juga ia menerima kolostrum, cairan pertama yang keluar dari payudara ibu, yang nutrisinya sangat penting bagi bayi. Dengan pertimbangan tersebut, Bunda disarankan untuk menunda menyusui si kakak, atau memprioritaskan si Adik terlebih dahulu.

Perhatikan Nutrisi

Dengan kondisi hamil saat menyusui, Bunda wajib memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Salah satunya adalah kalori. Ibu menyusui perlu mendapatkan kalori tambahan sebanyak 500 kalori. Bila si Kecil masih berumur 6 bulan, Bunda perlu mendapatkan tambahan kalori sebanyak 650 kalori.

Sedangkan ibu mengandung pada trimester pertama harus mendapatkan ekstra kalori sebanyak 350 kalori, pada trimester kedua atau 450 kalori pada trimester ketiga.

Rawat payudara dan puting

Dengan akan seringnya kegiatan menyusui pada saat di adik lahir, Bunda perlu mulai merawat diri dan menjaga agar payudara dan puting Bunda siap bertugas nantinya.

Jangan sampai karena kegiatan menyusui saat hamil yang memang melelahkan, mengakibatkan gangguan atau Bunda menjadi tidak nyaman.

Sumber:

Heathline. 2020. Fact or Fiction? You Can’t Get Pregnant While Breastfeeding.

What to Expect. 2020. Is It Possible to Get Pregnant While You’re Breastfeeding?

Medela. 5 Important Tips for Breastfeeding While Pregnant.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *