Cara Agar Tidak Terlalu Gemuk Saat Hamil

Ada satu hal yang kerap membuat Bunda resah saat hamil, yaitu soal kelebihan berat badan saat hamil. Bagaimana kalau berat badan sampai melonjak terlalu banyak? Bagaimana kalau nanti sulit kembali ke berat badan ideal?

 Selama hamil, kenaikan berat badan itu normal saja, dan memang diperlukan. Namun saat kenaikan berat badan terlalu berlebihan, meningkat jugalah risiko untuk Bunda dan bayi, misalnya timbul diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, preeklampsia, juga beragam komplikasi dalam kehamilan dan saat persalinan. 

Karena itu, Bunda tetap perlu memantau berat badan selama hamil agar tetap seimbang dengan perkembangan janin di dalam perut. 

Panduan Kelebihan Berat Badan saat Hamil

terlalu gemuk saat hamil
Foto: freepik.com

Sebuah studi yang dilakukan oleh Deputy et al yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Society for Pediatric and Perinatal Epidemiology Research pada tahun 2014 di Washington, Amerika Serikat. 

Dalam studi tersebut diketahui bahwa hampir 50% kaum wanita mengalami kelebihan berat badan saat hamil. Kondisi ini tentunya membutuhkan perhatian dan penanganan lebih lanjut.

Sebagaimana panduan diet sehat lainnya, yang menjadi patokan adalah berat badan dan indeks massa tubuh (BMI). Kenaikan berat badan yang direkomendasikan saat hamil adalah sebagai berikut:

Jika BMI Bunda sebelum hamil:

  • Kurang dari 18,5, maka kenaikan berat badan yang disarankan adalah antara 12,5 hingga 18 kg.
  • Antara 18,5–24,9, kenaikan berat badan yang disarankan adalah antara 11,5 – 16 kg.
  • Antara 25,0 hingga 29.9, kenaikan berat badan yang disarankan adalah antara 7-11,5kg.
  • 30 atau lebih, maka kenaikan berat badan yang disarankan hanyalah 5-9 kg.

Kenaikan berat badan ini akan berbeda untuk kehamilan anak kembar ya, Bunda. Kira-kira untuk kehamilan kembar, panduannya seperti berikut:

Jika BMI Bunda sebelum hamil:

  • Antara 18,5–24,9, kenaikan berat badan yang disarankan dalam kehamilan kembar adalah antara 17-25 kg.
  • Antara 25,0 hingga 29,9, kenaikan berat badan yang disarankan dalam kehamilan kembar adalah antara 14–23 kg.
  • 30 atau lebih, maka kenaikan berat badan yang disarankan dalam kehamilan kembar adalah antara 11-19 kg.

Kapan Kenaikan Berat Badan Mulai Terjadi?

terlalu gemuk saat hamil (1)
Foto: freepik.com

Kenaikan berat badan untuk setiap Bunda bisa jadi berbeda; ada yang sejak di trimester pertama berat badan segera bergerak naik, atau malah agak turun karena terjadi masa mual dan muntah. Namun biasanya, berat badan akan mulai bergerak naik secara konstan mulai dari minggu ke-13 kehamilan Anda. 

Nah, jangan mentang-mentang berat badan harus naik, Anda lalu makan sebanyak-banyaknya ya, Bun. “Ah, ini ‘kan makan untuk berdua”—mungkin itu yang terpikirkan. Ini pendapat yang salah kaprah dan perlu diluruskan. 

Porsi makan yang disarankan tetap sama seperti porsi makan biasa, namun sehat dan mengenyangkan, atau frekuensi makannya yang ditambah.

Cobalah untuk memilih jenis-jenis makanan bernutrisi seimbang dan rendah kalori, misalnya sayuran segar, terutama yang berdaun hijau, buah-buahan, terutama yang banyak mengandung air seperti semangka atau melon, lalu daging ayam rendah lemak, daging sapi dan ikan, juga air putih. 

Minuman manis seperti soda dan jus yang bukan dari buah asli perlu dibatasi. Karena kalori kosong di dalam minuman manis hanya akan membuat Bunda mengalami kelebihan berat badan saat hamil, tetapi tidak membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. 

Kenaikan Berat Badan juga Berdampak pada Janin

Foto: freepik.com

Bila terjadi kelebihan berat badan saat hamil, kesehatan si Kecil di dalam perut juga turut mengalami gangguan, baik dalam jangka pendek maupun nanti setelah ia dilahirkan. 

Dalam sebuah penelitian ilmiah disebutkan bahwa dalam satu juta kehamilan, Bunda yang mengalami kelebihan berat badan saat hamil memiliki kecenderungan melahirkan anak yang terlalu besar. Dan si Kecil akan berisiko mengalami obesitas di masa kecil maupun masa dewasanya. 

Tips agar Kenaikan Berat Badan Tetap Terkendali

Foto: freepik.com
  • Catat setiap kenaikan berat badan sejak awal kehamilan. 
  • Diskusikan kondisi Anda dengan dokter atau bidan yang memantau kehamilan Anda untuk mendapatkan rekomendasi diet harian yang tepat.
  • Berolahraga secara teratur. Pilih olahraga yang aman untuk kehamilan, misalnya berjalan kaki, renang, bersepeda statis, atau olahraga low-impact lainnya. 
  • Terapkan pola hidup sehat yang diikuti oleh seluruh keluarga, sehingga bisa saling memotivasi dan saling dukung.

Sumber:

Green Journal Obstetrics & Gynecology. 2015. Prevalence and Characteristics Associated With Gestational Weight Gain Adequacy.

What to Expect. 2021. What Should I Do if I Gain Too Much Weight During Pregnancy?

The Conversation. 2018. Weight Gain During Pregnancy: How Much Is Too Much?

Parents. 2014. The Dangers of Excessive Weight Gain During Pregnancy. 

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *