Mitos atau Fakta: Minum Minyak Kelapa Lancarkan Persalinan?

minum minyak kelapa

Hidup dalam budaya ketimuran membuat kita sangat familiar dengan berbagai ujaran dan anggapan yang berhubungan dengan masalah kehamilan dan persalinan, yang kerap menimbulkan pro dan kontra. Di antara berbagai ujaran tersebut adalah anjuran untuk minum minyak kelapa sebagai cara untuk memperlancar persalinan. Benarkah?

Belum Terbukti Secara Ilmiah

minum minyak kelapa

Meski banyak orang tua sangat yakin bahwa dengan minum minyak kelapa di akhir trimester kehamilan dapat membantu Bunda saat persalinan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut.

Para dokter menganggap bahwa asupan yang masuk ke pencernaan tidak akan memengaruhi proses persalinan yang terjadi pada vagina. 

Proses lancarnya persalinan lebih banyak dipengaruhi oleh lebar panggul, ukuran si Kecil yang akan dilahirkan, juga faktor kekuatan fisik dari Bunda.

Jadi sekalipun sudah minum minyak kelapa, namun tidak didukung oleh fisik yang memadai, sebuah proses persalinan belum tentu akan lebih cepat atau lebih lancar. 

Minyak Kelapa Kaya Manfaat

minum minyak kelapa

Namun jangan terburu menganggap bahwa minyak kelapa (terutama virgin coconut oil) tidak punya manfaat untuk membantu Bunda dalam masa kehamilan. 

Minyak kelapa bisa Bunda manfaatkan baik untuk penggunaan eksternal—dengan cara diaplikasikan langsung pada kulit—maupun untuk penggunaan internal dengan cara diminum, karena punya beragam manfaat, di antaranya:

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga lebih terlindungi dari serangan flu. 

Minyak kelapa dapat kendalikan kolesterol

Minyak kelapa yang diminum dalam jumlah wajar secara teratur dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah, karena mengandung asam laurat (lauric acid), yaitu salah satu bentuk asam lemak yang aman untuk tubuh.

Namun perlu diingat bahwa untuk minum minyak kelapa, Bunda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Mengandung banyak nutrisi 

Karena mengandung banyak nutrisi, minyak kelapa yang diminum Bunda juga akan membantu si Kecil mendapatkan nutrisi tersebut. Selain itu daya tahan tubuhnya pun diharapkan menjadi lebih baik.

Membantu mengurangi stretch marks

Selama masa kehamilan, banyak Bunda yang merasa resah karena pada perutnya muncul garis-garis merah atau putih akibat peregangan kulit.

Bunda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti body cream atau body lotion biasa secara teratur untuk membantu mengatasi stretch mark

Mengatasi heartburn 

Sebagian besar Bunda semasa hamil mengalami rasa mual, konstipasi, maupun heartburn atau rasa panas di bagian dada. Bunda bisa minum minyak kelapa untuk mengatasi masalah tersebut.

Soalnya, minyak kelapa dapat membantu meredakan masalah di dalam pencernaan karena memiliki sifat antibakteri yang baik. Minyak kelapa juga dapat membantu mengendalikan asam lambung sehingga masalah heartburn lebih teratasi. 

Membantu mengurangi iritasi kulit

Karena perubahan hormon di dalam tubuh, ada kalanya Bunda merasa muncul rasa gatal dan kekeringan pada kulit. Minyak kelapa yang digunakan sebagai pelembap bisa membantu mengatasi masalah ini, sekaligus membantu menutrisi kulit. 

Setelah melahirkan pun, Bunda dapat mengatasi rasa perih pada kulit maupun luka pada puting payudara dengan mengaplikasikan minyak kelapa pada bagian-bagian tersebut. 

Kualitas ASI semakin baik

Manfaat lain yang bisa didapatkan si Kecil bila Bunda mengonsumsi minyak kelapa adalah kualitas ASI yang semakin baik. Hal ini dinyatakan dalam sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Dalam studi tersebut disimpulkan bahwa Bunda yang mengonsumsi makanan yang mengandung minyak kelapa, asam laurat di dalam ASI-nya bahkan meningkat hingga tiga kali lipat, yang berarti semakin kaya nutrisi untuk si Kecil. 

Bagaimana Cara Minum Minyak Kelapa?

Bagi Bunda yang merasa kurang nyaman untuk minum minyak kelapa secara langsung, berikut ini ada beberapa trik untuk mengonsumsi minyak kelapa secara lebih nyaman, yaitu:

  • Dicampurkan pada smoothie atau jus buah. 
  • Digunakan sebagai pengganti minyak goreng yang biasa. Minyak kelapa juga akan memberi aroma ekstra pada masakan.
  • Dicampurkan dalam saus salad.
  • Diminum bersama minuman teh, kopi, atau cokelat. 

Jadi, minum minyak kelapa untuk melancarkan persalinan adalah MITOS. Sementara minum minyak kelapa untuk membantu meningkatkan kondisi kesehatan saat hamil adalah FAKTA. 

Sumber:

First cry Parenting. 2019. Coconut Oil During Pregnancy – How Safe It Is and Benefits.

Mom Junction. 2020. 7 Proven Health Benefits Of Coconut Oil During Pregnancy.

Kompas. 2016. Benarkah Minum Minyak Kelapa Memudahkan Persalinan?

Healthline. 2018. Coconut Oil for Stretch Marks.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *