7 Makanan Penambah Berat Badan Janin Trimester 3 yang Mudah Didapat

Makanan penambah berat badan janin trimester 3 adalah makanan yang tinggi protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Aneka nutrisi pada makanan tersebut mampu menambah berat badan janin yang belum optimal serta mencegah Si Kecil terlahir dengan berat badan kurang lho, Bun.

Seiring bertambahnya usia kehamilan, berat badan janin juga akan terus meningkat. Nah, pada awal trimester 3 kehamilan biasanya berat badan janin berkisar antara 800–1370 gram, sementara mendekati akhir trimester 3 atau menjelang waktu lahirnya berat janin harusnya sudah mencapai sekitar 2800–3600 gram.

Namun, setiap janin punya pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda, termasuk berat badannya. Ada beberapa hal yang bisa membuat berat badan janin rendah, mulai dari pola makan ibu hamil yang kurang sehat, anemia, kelainan genetik, hingga IUGR.

Nah, jika Si Kecil di dalam kandungan memiliki berat badan yang kurang, dokter akan menganjurkan Bunda untuk mencoba beberapa cara menambah berat badan janin secara cepat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan janin trimester 3.

Beragam Pilihan Makanan Penambah Berat Badan Janin Trimester 3

Berikut ini adalah beberapa makanan penambah berat badan janin trimester 3 yang bisa Bunda konsumsi:

1. Telur

Telur merupakan makanan penambah berat badan janin trimester 3 yang murah dan mudah didapat. Hal ini karena telur mengandung kalori, protein, lemak, zat besi, dan folat, yang berperan untuk menambah berat badan janin. Selain itu, telur juga dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin yang sehat, Bun.

Sebelum mengonsumsi telur, pastikan untuk memasaknya hingga matang ya, Bun. Hal ini bertujuan untuk mencegah keracunan akibat infeksi bakteri, seperti Salmonella.

2. Produk olahan susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, termasuk makanan penambah berat badan janin trimester 3. Makanan ini mengandung cukup kalori dan kaya akan kalsium dan vitamin D yang berperan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Selain kalsium, produk olahan susu juga mengandung lemak dan protein yang baik untuk menambah berat badan janin, Bun.

3. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat bagus untuk membantu pembentukan otak dan sistem saraf bayi. Di samping itu, ikan juga mengandung banyak protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, kolin, dan yodium.

Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan, termasuk untuk meningkatkan berat badannya. Makanya, ikan bisa dijadikan sebagai makanan penambah berat badan janin trimester 3.

Penting untuk diingat ya, Bun, pilihlah ikan dengan kadar merkuri yang rendah, seperti ikan lele, ikan kembung, ikan teri, ikan mujair, atau salmon.

4. Daging

Selain ikan, daging juga bisa dijadikan sebagai makanan penambah berat badan janin trimester 3. Daging ayam dan daging sapi merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan menaikkan berat badan janin.

Daging juga mengandung zat besi, kolin, dan vitamin B, yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, otak, jaringan otot, tulang, dan organ tubuh janin.

5. Alpukat

Bun, konsumsi buah-buahan juga baik untuk menambah berat badan janin di trimester 3, salah satunya alpukat. Buah ini memiliki kandungan lemak sehat, vitamin, dan mineral, yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan kulit, otak, tulang dan gigi janin.

Tak hanya itu, alpukat juga bisa meredakan kram kaki, menghasilkan energi, dan mencegah spina bifida.  Selain alpukat, buah-buahan lain, seperti pisang, kelapa, mangga, dan kurma, juga mengandung kalori dan nutrisi yang cukup baik untuk menambah berat badan janin.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kacang panjang, kale, dan brokoli, cocok dijadikan pilihan makanan penambah berat badan janin trimester 3. Soalnya, sayuran hijau banyak mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh selama hamil.

Zat besi di dalam sayuran hijau bertanggung jawab dalam pembentukan sel darah merah yang sangat dibutuhkan untuk menyalurkan oksigen serta nutrisi ke tubuh ibu hamil dan janin. Dengan begitu, tumbuh kembang Si Kecil bisa lebih optimal.

Tak hanya zat besi, sayuran hijau juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan Bunda dan Si Kecil, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, serat, dan antioksidan.

7. Kacang-kacangan

Bunda bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai makanan penambah berat badan janin trimester 3. Makanan ini memiliki kandungan protein, serat, zat besi, folat, kolin, kalsium, dan lemak sehat, yang dibutuhkan untuk menaikkan berat badan janin.

Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang kenari, dan kacang almond, juga bermanfaat untuk pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin, serta menurunkan risiko terjadinya spina bifida.

Itulah beragam makanan penambah berat badan janin trimester 3 yang bisa Bunda konsumsi agar berat badan janin naik dan mencapai berat badan normal saat menjelang waktu kelahiran.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan di atas, Bunda juga disarankan untuk mengonsumsi nutrisi tambahan, seperti vitamin prenatal atau suplemen minyak ikan, agar berat badan janin cepat naik.

Untuk memantau peningkatan berat badan janin dan kondisi kesehatan Bunda, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter sesuai jadwal ya, Bun.

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Diseases & Conditions. Low Birth Weight.

Cleveland Clinic (2023). Health Essentials. Nutrition During Pregnancy; Foods to Include and Foods to Avoid.

Mayo Clinic (2022). Healthy Lifestyle. Fetal Development: The 3rd Trimester.

Mayo Clinic (2022). Healthy Lifestyle. Pregnancy Diet: Focus on These Essential Nutrients.

Miles, K. Baby Center (2022). Growth chart: Fetal length and weight, week by week.

Koch, K. The Bump (2023). 10 Superfoods to Eat During Pregnancy.

Bjarnadottir, A. Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Raman, R. Healthline (2019). 11 Healthy, High-Calorie Fruits to Help You Gain Weight.

Katiboina, V. MedicineNet (2022). 11 Healthy, High-Calorie Fruits to Help You Gain Weight.

WebMD (2022). Foods to Eat During Your Third Trimester.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *