Tips Turunkan Berat Badan Secara Alami Setelah Melahirkan

Berat badan yang belum kembali seperti semula menjadi persoalan tersendiri bagi ibu setelah melahirkan. Meskipun ada banyak tantangan, tetapi tetap ada cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami. Berikut trik dan tipsnya.

Kelola Asupan Makanan

Membatasi konsumsi gula dan lemak jenuh adalah salah satu cara paling tepat untuk mengurangi berat badan. Ini dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula instan dan makanan yang diproses dan mengandung tinggi lemak jenuh (misalnya makanan gorengan, kulit ayam, cake, dll). Dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah segar.

Selain itu, ibu juga dapat mengganti camilan yang rendah nutrisi dan tinggi kalori dengan camilan bergizi seperti buah potong, edamame rebus. Beberapa ibu memilih untuk tidak mengonsumsi nasi atau karbohidrat, terutama di malam hari. Namun cara ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan energi ibu agar jangan sampai kelaparan dan kurang nutrisi, terutama saat menyusui.

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik yang ada di dekat tempat tinggal ibu, untuk mengetahui porsi yang sebaiknya perlu dikonsumsi. Ini agar pemilihan makanannya menjadi lebih sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan ibu dan dapat membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil

Memperbanyak Aktivitas Fisik

Banyak yang berpikir bahwa ibu sudah tidak punya waktu lagi berolahraga setelah melahirkan. Padahal beraktivitas fisik tidak harus selalu membuat ibu meninggalkan anak, lho. Agar dapat terus bergerak aktif, ibu dapat mencoba melakukan cara-cara sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar rumah dengan mendorong kereta bayi atau menggendong bayi, atau mencoba gerakan senam dengan panduan instruktur dalam video di YouTube.

Selain itu, jangan lupa bahwa aktivitas fisik tak hanya dapat dilakukan dengan olahraga. Bisa juga dengan aktivitas sehari-hari seperti berbelanja, memasak, ataupun berkebun.

Selain jalan cepat, latihan otot juga perlu dilakukan untuk membantu penurunan berat badan ibu, sehingga penurunannya lebih awet dan badan tidak “kendor”. Cobalah berkonsultasi dengan dokter mengenai gerakan-gerakan yang perlu dilakukan.

Mengenakan Korset

Mengenai pemakaian korset setelah melahirkan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Terutama jika ibu mengalami kondisi tertentu seperti pascamelahirkan caesar.

Mengelola Stres

Mengasuh bayi saat ibu masih perlu istirahat setelah melahirkan memang bisa jadi melelahkan, bahkan bisa menyebabkan stres. Nah, stres yang tidak dikelola justru bisa membuat pola makanibu tidak teratur dan makan berlebihan. Sebisa mungkin, cukupi kebutuhan istirahat agar tubuh, pikiran, serta nafsu makan juga dapat lebih terjaga.

Selain itu ibu juga dapat meminta bantuan pasangan atau kerabat agar bisa memiliki waktu untuk diri sendiri.

Meskipun menurunkan berat badan dianggap penting, tetapi hal yang lebih penting tentunya adalah menjaga kesehatan ibu dan bayi. Oleh sebab itu, hindari menggunakan obat diet yang dapat membahayakan bayi.

Juga jangan sampai mengatur pola makan yang membuat ibu menjadi kewalahan dan kekurangan energi mengasuh Si Kecil. Pada akhirnya, ibu perlu ingat bahwa menyusui, mengasuh anak, dan tetap beraktivitas sambil menerapkan gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan secara alami.

By dr. Cindiawaty P., MS, MARS, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *