Apakah Wajar Jika Selalu Lapar Saat Hamil?

selalu lapar saat hamil

Perubahan nafsu makan selama kehamilan merupakan sesuatu yang wajar. Walau kebanyakan nafsu makan ibu hamil akan menurun bahkan menghilang pada trimester pertama akibat rasa mual dan sering muntah-muntah, tapi ada juga ibu hamil yang sepertinya selalu lapar saat hamil sehingga sering makan. 

Rasa lapar yang meningkat ini biasanya akan berlanjut terus sampai kehamilan trimester dua. Dalam kondisi seperti ini, Bunda harus disiplin menerapkan pola makan sehat agar kenaikan badan terjadi bertahap dan ideal. 

Penyebab Bunda Seperti Selalu Lapar saat Hamil

selalu lapar saat hamil

Kehamilan membawa berbagai perubahan di tubuh Bunda. Selain perubahan hormon, berupa peningkatan drastis hormon estrogen dan progesteron serta kehadiran hormon hCG (Human chorionic gonadotropin), ada berbagai perubahan dan penyesuaian lainnya yang dilakukan oleh tubuh Bunda. 

Di antaranya adalah penambahan volume darah. Semua ini membutuhkan energi. Karena itulah ada ibu yang nafsu makannya meningkat dan selalu lapar saat hamil. 

Ngidam juga menjadi salah satu alasan Bunda menjadi selalu lapar saat hamil dan ingin terus mengunyah, terutama makanan yang sedang diidamkan. 

Sampai saat ini tidak jelas alasan ibu hamil ngidam, terutama makanan yang sebelumnya tidak pernah dimakan.

Ada teori bahwa ngidam sebenarnya merupakan tanda dari tubuh ibu hamil bahwa ada nutrisi yang kurang dan harus dipenuhi. Nutrisi ini biasanya terdapat di makanan yang diidamkan. Bunda akan terus-terusan makan makanan tersebut sampai kebutuhan nutrisinya telah terpenuhi.

Faktor lainnya yang menyebabkan nafsu makan meningkat adalah janin membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Jika pada trimester pertama nafsu makan Bunda menurun, maka pada trimester kedua semua dapat berubah, biasanya pada pertengahan kehamilan.

Rasa seperti selalu lapar dan ingin makan ini bisa terus berlanjut sampai akhir kehamilan, atau malah berkurang pada trimester tiga karena kapasitas perut yang mengecil akibat tertekan oleh janin yang tumbuh besar.

Nafsu Makan Tinggi Tak Harus Dituruti

Selalu lapar saat hamil sebenarnya wajar terjadi, tapi tak berarti harus dituruti. Karena sedang hamil, tidak berarti ibu hamil makan dua porsi karena menganggap makan untuk dua orang. 

Energi tambahan yang dibutuhkan oleh ibu hamil janin tunggal adalah 300-350 kalori per hari pada trimester dua, sehingga total kebutuhan kalori per hari mencapai 2.300-2.350 kalori per hari. Pada trimester tiga, tambahan energi ini meningkat menjadi 500 kalori per hari.

Dengan perhitungan kalori tersebut, Bunda disarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat dengan nutrisi seimbang. Hindari mengikuti nafsu makan yang sedang tinggi lalu makan sesuka hati, apalagi makanan dengan kalori kosong. 

Hindari juga ngidam dijadikan alasan untuk mengonsumsi makanan yang sama sampai berhari-hari dalam jumlah banyak. Tidak adanya variasi makanan yang dikonsumsi akan membuat Bunda kekurangan nutrisi dan kondisi ini akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Menyiasati Rasa Selalu Lapar saat Hamil

Mungkin sulit bagi Bunda untuk menahan rasa lapar saat nafsu makan sedang meningkat. Namun Bunda dapat menyiasatinya agar tidak menjadi makan berlebihan dan berpotensi membuat berat badan naik melebihi kewajaran.

  • Makan sedikit namun lebih sering. Bunda dapat membagi kebutuhan energi sebesar 2.300 kalori menjadi lima kali waktu makan. Bisa dibagi rata atau diterapkan menjadi tiga kali makan utama dan dua kali camilan berat yang bernutrisi juga mengenyangkan.
  • Minum air putih. Kadang tubuh mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi, coba Bunda minum air putih terlebih dahulu saat rasa lapar muncul. Pastikan juga Bunda memenuhi kebutuhan air putih 2,5 liter per hari.
  • Bawa camilan sendiri saat bepergian. Hal ini dapat menghindari Bunda jajan makanan yang kurang bernutrisi saat merasa lapar.
  • Boleh mengonsumsi makanan kesukaan tapi batasi. Bunda boleh menuruti keinginan mengonsumsi makanan idaman atau kesukaan asalkan dibatasi, misalnya sehari sekali. Jumlahnya pun harus sesuai dengan batasan kalori untuk ibu hamil ya, Bun. 

Sumber:

What to Expect. 2021. Has Your Appetite Increased During Pregnancy?

Healthline. 2020. Here’s How to Manage That Unrelenting Pregnancy Hunger.

Alodokter. 2020. Sering Lapar Saat Hamil? Begini Cara Mengendalikannya.

By dr. Linda Lestari, Sp. OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *