6 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Ibu hamil kadang mengidam minum minuman segar, salah satunya adalah air kelapa. Selain itu, air kelapa untuk ibu hamil dipercaya dapat membuat kulit bayi lebih bersih dan melancarkan persalinan. Benarkah demikian? Ikuti penjelasan berikut, Bun. 

Manfaat Air Kelapa

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Berbahagialah Bun, karena di Indonesia kita tidak sulit untuk mendapatkan air kelapa segar. Air bening yang terdapat dalam buah kelapa ini memang nikmat dan mengandung banyak nutrisi, sehingga baik untuk ibu hamil.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam air kalapa di antaranya adalah elektrolit, kalium, vitamin C, protein, sodium, juga serat makanan. 

Beberapa manfaat dari air kelapa untuk ibu hamil di antaranya:

1. Membantu menghidrasi tubuh

Air kelapa mengandung 95% air murni dan elektrolit, sehingga dapat menjaga tubuh dari dehidrasi. Namun ingat untuk tidak minum air kelapa yang dicampur gula atau sirup ya, Bun, karena akan menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Membantu mengembalikan cairan tubuh, terutama pada trimester pertama

Trimester pertama kerap menjadi masa yang berat untuk ibu hamil karena disertai mual dan muntah. Air kelapa bisa membantu Bunda mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena mengandung elektrolit, kalium, sodium, dan magnesium.

3. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Air kelapa mengandung vitamin C sebagai antioksidan, sehingga baik untuk menjaga sistem imun tubuh selama hamil. 

4. Mengurangi gejolak asam lambung

Banyak Bunda yang mengalami heartburn selama hamil. Saat perut makin membesar, asam lambung kadang mudah naik sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman, juga panas pada dada. 

Minum air kelapa menurut pengalaman beberapa wanita hamil dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman ini, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Membantu perkembangan janin

Vitamin dan mineral sangat diperlukan si Kecil dalam kandungan. Air kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya kalsium, kalium, dan magnesium. 

6. Membantu mengurangi tekanan darah

Salah satu penelitian ilmiah menemukan bahwa ibu hamil yang minum air kelapa selama dua minggu dapat mengalami penurunan tekanan darah yang cukup signifikan. 

Meski demikian, air kelapa bukanlah pengganti obat-obatan yang disarankan dokter untuk diminum oleh ibu hamil yang mengalami kenaikan tekanan darah akibat kehamilan maupun preeklampsia. 

Keyakinan di masyarakat yang mengatakan bahwa air kelapa baik untuk membuat kulit bayi lebih bersih dan dapat memperlancar persalinan adalah mitos belaka ya, Bun. Hingga kini belum ada kajian yang dapat membuktikan hubungan air kelapa dengan kelancaran persalinan. 

Tips Aman Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, selama diminum dalam porsi yang wajar air kelapa punya banyak manfaat untuk menjaga kondisi ibu hamil. Perhatikan hal-hal berikut ini agar lebih aman minum air kelapa ya, Bun:

  • Pilih air kelapa murni, bukan air kelapa dalam kemasan buatan pabrik yang biasanya sudah ditambah penguat rasa, pemanis, juga pengawet.
  • Pilih air kelapa muda atau air kelapa hijau karena kandungan nutrisinya lebih baik. 
  • Batasi minum air kelapa tanpa gula kira-kira hanya segelas per hari dan tambahkan makanan dan minuman sehat lainnya.
  • Karena memiliki sifat diuretik alami, hindari minum air kelapa terlalu banyak yang akan membuat Bunda semakin sering BAK.
  • Untuk Bunda yang akan menjalani operasi Caesar, hentikan minum air kelapa kira-kira dua minggu sebelum operasi, karena air kelapa dapat menurunkan tekanan darah.

Agar lebih aman, cobalah untuk berdiskusi dulu dengan dokter sebelum minum air kelapa, terutama untuk Bunda yang memiliki masalah tekanan darah rendah.

Sumber:

Healthline. 2020. 8 Benefits of Drinking Coconut Water during Pregnancy.

Hai Bunda. 2019. Perlu Tahu, Cara Aman Ibu Hamil Konsumsi Air Kelapa Muda.

The Asian Parent. 8 Amazing Benefits of Coconut Water during Pregnancy.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *