Feses Hitam Saat Hamil, Kenapa Bisa Terjadi?

Perubahan buang air besar (BAB) saat hamil merupakan hal yang wajar. Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Warna feses hitam saat hamil juga dapat terjadi akibat berbagai penyebab, termasuk konsumsi suplemen dan pendarahan di saluran pencernaan bagian atas.

Perubahan Warna Feses saat Hamil

feses hitam saat hamil

Bunda mungkin kaget saat melihat feses berubah warna selama kehamilan, kadang terlihat pucat, hijau, atau menggelap.

Jika tidak disertai dengan gejala lain, maka perubahan warna feses saat hamil merupakan hal yang wajar. Karena bisa jadi dipengaruhi oleh warna makanan yang Bunda konsumsi.

Namun jika feses hitam saat hamil, ada beberapa penyebabnya, mulai dari yang ringan sampai yang cukup serius.

Jika feses hitam disertai dengan gejala lain, maka kemungkinan ada perdarahan di saluran pencernaan atau ada masalah kesehatan. Gejala tersebut misalnya demam, sakit perut, mual, muntah darah, dan sakit kepala.

Jika hal ini terjadi, Bunda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dengan pasti dan mendapat penanganan jika dibutuhkan.

Berbagai Penyebab Feses Hitam saat Hamil

Berikut ini beberapa penyebab warna feses berubah menjadi hitam saat hamil, di antaranya:

Konsumsi suplemen 

Saat hamil, Bunda diminta untuk meningkatkan asupan zat besi karena produksi darah di tubuh Bunda yang meningkat. Selain itu, zat besi juga penting untuk tumbuh kembang janin.

Mengonsumsi suplemen zat besi sering menjadi pilihan saat hamil. Namun beberapa jenis zat besi tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Zat besi yang tidak terserap ini dapat mengakibatkan feses hitam saat hamil dengan konsistensi seperti cairan aspal. 

Perdarahan di saluran pencernaan bagian atas

Perdarahan dapat terjadi di sepanjang saluran cerna. Jika terjadi di saluran pencernaan bagian bawah, biasanya darah yang menempel di feses masih berwarna merah segar.

Sementara jika terjadi di saluran pencernaan bagian atas, maka darah akan ikut tercerna dan membuat feses berwarna hitam. Darah di feses ini disebut dengan melena.

Perdarahan di saluran pencernaan bagian atas bisa terjadi di kerongkongan, lambung, sampai ke usus kecil. Tukak lambung atau luka pada lambung merupakan penyebab umum feses berubah warna menjadi hitam dengan konsistensi seperti aspal. 

Masalah kesehatan

Ada beberapa masalah kesehatan di tubuh Bunda yang dapat membuat feses hitam saat hamil. Di antaranya adalah penyakit sirosis yang sudah parah, kanker di kerongkongan atau di lambung, dan sindrom Mallory-Weiss yang menyebabkan robekan di kerongkongan. 

Selain feses hitam, penyakit-penyakit ini memiliki gejala-gejala lain yang harus Bunda waspadai. 

Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan diketahui dapat membuat feses berubah warna menjadi hitam. Antasida jenis bismuth subsalicylate, misalnya. Namun obat jenis ini dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan disarankan untuk mengonsumsi antasida jenis lain. 

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan saat Hamil

feses hitam saat hamil

Walau ada penyebab feses hitam saat hamil tidak berhubungan dengan saluran pencernaan, tapi tidak ada salahnya Bunda merawat saluran pencernaan agar selalu sehat.

Saluran pencernaan yang sehat akan mengurangi adanya pendarahan di saluran pencernaan dan masalah kesehatan lainnya.

  • Tingkatkan konsumsi makanan kaya serat dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan ibu hamil, yaitu 2,5 liter per hari (sekitar 8-10 gelas).
  • Aktif bergerak dan lakukan olahraga secara teratur. Ibu hamil disarankan melakukan olahraga low impact dengan total 150 menit dalam seminggu. 
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan tanpa berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter karena dapat mempengaruhi kondisi sistem pencernaan.
  • Berhenti merokok. Jika Bunda masih saja merokok walau sedang hamil, maka hentikan sesegera mungkin. Merokok dapat berdampak buruk bagi tubuh, termasuk menyebabkan masalah kesehatan di sistem pencernaan.

Jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter kandungan jika feses hitam saat hamil, terutama jika disertai dengan gejala-gejala lainnya.

Sumber:

Web MD. 2021. Why is Your Poop Black and Tarry?

University of Michigan Health. 2020. Pregnancy: Changes in Bowel Habits.

Firstcry Parenting. 2019. Black (Dark) Stools During Pregnancy.

Alodokter. 2019. Kenapa Feses Berwarna Hitam? Ini Jawabannya.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *