Perlukah Susu Almond untuk Ibu Menyusui?

susu almond untuk ibu menyusui

Saat ini banyak ditawarkan susu yang diolah dari protein nabati, seperti susu almond, yang disebut-sebut baik untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat susu almond untuk ibu menyusui? Temukan jawabannya di sini.

Kandungan Susu Almond

susu almond untuk ibu menyusui

Semakin banyak orang yang kini banyak beralih ke susu non-hewani dengan berbagai alasan. Misalnya karena ingin menjalani hidup vegetarian atau vegan, bosan dengan susu sapi, mengalami intoleransi laktosa dari susu sapi, dan sebagainya.

Selain susu kedelai yang sudah dikenal lebih dulu, saat ini, susu yang dibuat dari perasan biji kacang almond cukup populer. Bahkan disebut-sebut baik untuk ibu menyusui. Benarkah?

Susu almond merupakan minuman yang kaya nutrisi dengan komposisi lemak dan kalori yang lebih rendah daripada susu sapi. Dalam satu gelas susu almond manis terdapat kira-kira 90 kalori dan 2,5 gram lemak. Di sisi lain, segelas susu sapi mengandung 120 kalori dan 5 gram lemak. 

Selain itu, susu almond juga bisa menjadi pilihan jika Bunda sedang menghindari susu tanpa perasa dan gula tambahan. Pasalnya, satu gelas susu almond murni hanya mengandung 30 kalori. 

Tidak hanya itu, susu almond juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang berbahaya. Meski begitu, satu gelas susu almond hanya menyediakan 1 gram protein, sementara satu gelas susu sapi memberikan 8 gram protein. 

Selain itu, susu almond juga kaya vitamin E, D, A, juga kalsium, serta mengandung mineral-mineral penting dan juga serat makanan untuk membantu fungsi pencernaan. Bila Bunda yang sedang dalam masa menyusui ingin beralih ke susu non-hewani, maka susu almond merupakan alternatif yang baik. 

Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Susu almond aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, dengan beberapa keuntungan:

  • Membantu meningkatkan kadar lemak di dalam ASI. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam almond dapat meningkatkan kualitas ASI. 
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu almond mengandung banyak vitamin dan mineral yang Bunda perlukan untuk menjaga stamina selama masa menyusui. Susu almond juga baik untuk mempercepat pemulihan pasca persalinan, juga untuk membantu melindungi kesehatan si Kecil. 
  • Menjaga kesehatan tulang. Karena kaya akan kalsium dan fosfor, susu almond dapat membantu menjaga agar perkembangan tulang si Kecil juga semakin sehat dan kuat. 
  • Baik untuk kesehatan mata dan kulit. Antioksidan di dalam susu almond juga sangat penting untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan mata dan membantu melindungi kondisi kulit Bunda dan si Kecil. 

Si Kecil juga bisa mendapatkan keuntungan bila Bunda mengonsumsi susu almond. Karena susu almond bisa membuat ASI lebih kental dan lebih lezat cita rasanya, sehingga si Kecil akan semakin bersemangat dalam minum ASI.

Haruskah Ibu Menyusui Minum Susu Almond?

Pada dasarnya Bunda yang sedang menyusui boleh saja menambahkan susu almond sebagai pelengkap nutrisi harian, atau menggantikan susu sapi secara keseluruhan dengan susu almond. Namun tidak ada kewajiban untuk menambahkan susu almond ke dalam menu harian. 

Ingatlah juga bahwa apa yang dimakan oleh ibu akan memengaruhi secara langsung kesehatan anak. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggantikan susu sapi atau menambahkan susu almond ke dalam menu makan harian Bunda. 

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar untuk memastikan tidak memberikan efek negatif untuk bayi. 

Yang perlu diingat adalah komposisi nutrisi harian yang seimbang, yang juga didapatkan dari makanan-makanan yang lain, seperti karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah bila di dalam keluarga ada riwayat alergi, ada baiknya Bunda berdiskusi dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa susu almond cukup aman dikonsumsi. 

Tips Membuat Susu Almond di Rumah

susu almond untuk ibu menyusui

Bila Bunda ingin memastikan bahwa susu almond yang dikonsumsi bebas dari pengawet, pewarna, maupun perasa buatan, susu almond sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dibuat sendiri di rumah, Bun. 

Caranya adalah dengan merendam semalaman biji almond mentah atau yang sudah disangrai, kemudian keesokan harinya diblender dengan tambahan air, kurma sebagai pemanis alami, juga sedikit garam. 

Setelah hasil blender halus dengan konsistensi yang cukup kental, Bunda tinggal menyaringnya, lalu susu almond siap untuk dikonsumsi. 

Bunda yang mengurangi asupan manis juga bisa menyiapkan susu almond ini dengan cita rasa tawar.  

Sumber:

Mom Junction. 2021. Is It Safe To Drink Almond Milk While Breastfeeding?

The Asian Parent. Bunda ingin Punya ASI yang Melimpah? Coba Rajin Minum Susu Almond.

Verywell Family. 2020. Foods to Increase Breast Milk Supply.

Pop Mama. 2019. 7 Manfaat Almond untuk Ibu Menyusui. 

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *