Pilihan Makanan Untuk Busui agar Bayi Cerdas

ibu menyusui makan daging kambing

Apa yang Bunda konsumsi selama hamil dan menyusui akan berpengaruh bagi tumbuh kembang bayi. Karena itu, pilihlah makanan bernutrisi untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. 

Memberi ASI = Mendukung Bayi untuk Menjadi Cerdas

Tahukah Bunda bahwa memberi ASI saja sebenarnya sudah mendukung bayi Bunda cerdas? Tak hanya menyusui, tapi juga lamanya Bunda menyusui bayi juga ikut berpengaruh kepada tingkat kecerdasan si Kecil di masa depan.

Sebuah penelitian di Boston Children’s Hospital dilakukan terhadap kelompok bayi yang diberikan ASI eksklusif, ASI dicampur susu formula, dan yang tidak pernah diberi ASI sama sekali.

Anak-anak tersebut kemudian diminta mengikuti berbagai tes pada usia tiga tahun dan tujuh tahun, termasuk di dalamnya adalah tes intelegensi. 

Dari hasil penelitian ini, terbukti adanya hubungan sebab akibat antara pemberian ASI pada saat anak masih bayi dengan perkembangan bahasa reseptif anak pada usia tiga tahun serta IQ verbal dan non-verbal pada saat anak memasuki usia sekolah.   

Berdasarkan fakta tersebut, maka para penulisnya merekomendasikan untuk bayi diberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupannya, kemudian pemberian ASI dilanjutkan sampai usia minimal satu tahun. 

Sebuah penelitian lain di Korea pada 2016 menyatakan bahwa bayi yang diberi ASI selama ≥ sembilan bulan memiliki perkembangan kognitif yang secara signifikan lebih baik dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI.

Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa semakin lama bayi diberi ASI, maka perkembangan kognitif bayi akan meningkat pesat.

Hasil-hasil penelitian ini sesuai dengan rekomendasi WHO untuk memberikan ASI eksklusif sampai bayi usia enam bulan dan pemberian ASI dilanjutkan sampai anak usia dua tahun.

DHA, Penting untuk Perkembangan Kognitif Anak

Satu hal yang juga dipantau dalam penelitian di Boston Children’s Hospital adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ASI.

Para peneliti ini sangat mempertimbangkan hasil penelitian sebelumnya bahwa kandungan DHA (docosahexaenoic acid) penting bagi perkembangan kognitif bayi. 

Karena itu, mereka sangat menganjurkan ikan sebagai salah satu makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Di dalam ikan berlemak terdapat kandungan tinggi asam lemak, salah satunya adalah DHA yang termasuk dalam asam lemak Omega-3.

WHO menyarankan ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi asam lemak Omega-3 sebanyak 300 mg sehari.

Caranya bisa dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, kembung, tuna, atau tongkol seminggu 2-3 kali. Bisa juga dengan mengonsumsi rutin suplemen dengan kandungan Omega-3 yang telah disetujui oleh dokter.

Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas

Tak hanya ikan berlemak, Bunda juga dapat menambahkan jenis-jenis makanan berikut ini sebagai makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas: 

Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kale, dan brokoli. Antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau ini tergolong tinggi, dan dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel otak anak.

Selain itu, sayuran hijau juga ada yang kaya akan kandungan folat yang penting untuk perkembangan otak anak.

Daging

Daging. Mengonsumsi daging akan membuat Bunda mendapat asupan protein dan zat besi yang penting bagi perkembangan otak bayi.

Disebut-sebut bahwa konsumsi daging lah yang berpengaruh pada evolusi manusia dari zaman prasejarah sehingga bisa secerdas sekarang.

Telur

Telur. Bahan makanan kaya nutrisi ini juga mengandung asam lemak Omega-3 dan nutrisi lain seperti seperti zinc, lutein, dan kolin untuk meningkatkan konsentrasi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. Merupakan salah satu jenis makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas, karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi yang mencegah degenerasi kognitif.

Selain itu juga mengandung zinc dan zat besi yang meningkatkan kemampuan otak.

Buah beri

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi buah beri dapat meningkatkan perkembangan kognitif tikus.

Selain itu, buah ini kaya kandungan vitamin C yang mengandung antioksidan tinggi. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi yang penting bagi perkembangan otak.

Ada baiknya Bunda membuat pola makan yang seimbang dengan kandungan bahan-bahan di atas sebagai makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Jika Bunda membutuhkan informasi tambahan, Bunda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter anak. 

Sumber:

Hyungming, L. et al (2016). Effect of Breastfeeding Duration on Cognitive Development in Infants: 3-Year Follow-up Study. J Korean Med Sci. 2016 Apr; 31(4): 579–584.

Klikdokter. 2020. Ini Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas.

Medical News Today. 2013. Breastfeeding for Longer ‘Improves Child’s Intelligence’.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *