6 Manfaat Nangka Untuk Ibu Hamil

manfaat nangka untuk ibu hamil

Di negara tropis, kita punya banyak buah-buahan yang rasanya enak. Salah satunya nangka. Apakah Bunda salah satu penggemar berat buah ini? Namun saat hamil, muncul pertanyaan: amankah nangka untuk ibu hamil? 

Yuk, cek jawaban dan dapatkan info tentang manfaat nangka untuk ibu hamil dan cara aman mengonsumsinya. 

Nangka Kaya Nutrisi

manfaat buah nangka untuk ibu hamil

Nangka adalah buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Harganya pun murah dan dijual dalam bentuk segar di pasar tradisional maupun modern.

Nangka rasanya manis dengan tekstur lunak dan agak berserat. Biasanya nangka diolah menjadi campuran es buah dan es cendol, atau dikeringkan menjadi keripik. 

Nangka yang masih muda banyak diolah menjadi gudeg, sayur asam dan lodeh. Bijinya pun bisa direbus untuk jadi camilan yang enak.

Nutrisi di dalam nangka cukup lengkap, Bun. Buah ini mengandung serat, gula, asam folat, juga vitamin A, B6, dan C. Kalorinya termasuk sedang, sehingga porsi konsumsinya perlu diatur. 

Mineral di dalam nangka di antaranya mangan, tembaga, kalium, zat besi, dan kalsium. Selain itu, nangka rendah kolesterol, sodium, dan lemak jenuh. 

Manfaat Nangka untuk Ibu Hamil

maag saat hamil

Selama dikonsumsi dalam jumlah wajar, Bunda tidak perlu ragu untuk makan nangka. Adapun manfaat nangka untuk ibu hamil adalah:

1. Mendukung tumbuh kembang janin

Kalsium, zat besi, dan beta karoten yang terkandung di dalam nangka baik untuk janin. Vitamin A, C, juga asam folatnya baik untuk mendukung perkembangan organ janin.

2. Membantu mengendalikan tekanan darah Bunda

Saat hamil, tekanan darah Bunda bisa meningkat. Nangka membantu mengendalikan tekanan darah dengan kandungan kalium dan antioksidannya yang tinggi. 

3.Membantu mengurangi rasa lelah

Bunda saat hamil mudah kelelahan. Ditambah lagi dengan perut yang semakin berat dan besar. Nangka adalah sumber gula alami yang baik. Gula di dalam nangka dapat membantu memberi energi kepada Bunda.

4. Mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan

Nangka kaya serat, bahkan bisa mencukupi 10% kebutuhan serat harian Bunda. Karenanya, nangka baik untuk menjaga kondisi pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Nangka kaya antioksidan, karena kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Makan nangka bisa menjaga daya tahan tubuh sehingga Bunda tidak mudah sakit.

6. Membantu mengurangi kram pada kaki

Kram kaki cukup sering dirasakan ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Nangka yang kaya kalium dapat membantu Bunda mengatasi masalah tersebut. 

Efek Samping Buah Nangka

Penting untuk Bunda memerhatikan porsi saat makan nangka. Pasalnya, terlalu banyak makan nangka bisa membawa efek samping. 

Sisi negatif nangka untuk ibu hamil adalah:

  • Menyebabkan kembung karena nangka banyak mengandung gas.
  • Nangka dapat mempercepat pembekuan darah. Bunda dengan kondisi kesehatan yang berhubungan dengan pembekuan darah, perlu lebih hati-hati.
  • Terlalu banyak makan nangka dapat memicu diare.
  • Nangka termasuk buah yang rasanya sangat manis. Bagi Bunda yang mengidap diabetes, perlu membatasi porsinya.
  • Nangka mengandung kalium tinggi, sehingga tidak baik bagi penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal akut.

Masyarakat juga banyak yang percaya bahwa nangka bisa memicu keguguran. Namun sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa mendukung pendapat ini. Yang terpenting adalah perhatikan porsinya, jangan berlebihan. 

Cara Aman Makan Nangka untuk Ibu Hamil

manfaat nangka untuk ibu hamil

Selama hamil Bunda disarankan makan buah dan sayuran segar. Ini adalah bagian dari diet seimbang yang perlu diterapkan setiap hari. 

Bila nangka menjadi pilihan Bunda, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Saat membeli nangka di pasar, pilih yang baru dibelah. Nangka yang sudah lama terbuka dapat meningkatkan kontaminasi bakteri.
  • Batasi porsi nangka. Misalnya 2-3 buah sehari untuk mencegah ganggguan perut, seperti diare dan kembung.
  • Bila ingin menyantap buah segarnya, pilih yang benar-benar matang. Nangka yang belum matang sangat bergetah dan dapat menyebabkan sakit perut.
  • Cuci bersih nangka kupas lalu simpan dalam wadah tertutup. Ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri. 
  • Nangka yang terlalu matang aromanya lebih tajam dan lebih bergas. Hindari agar Bunda tidak mengalami kembung.

Selama Bunda menjaga kebersihan dan porsinya, makan nangka cukup aman. Nikmati manfaat sehatnya untuk Bunda dan si Kecil.

Sumber: 

Alodokter. 2021. 7 Khasiat Buah Nangka untuk Ibu Hamil.

Klikdokter. 2021. 4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil.

First Cry Parenting. 2019. Eating Jackfruit During Pregnancy – Is it Safe?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *