Susah Tidur Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya

susah tidur saat hamil

Bunda mulai mengalami susah tidur saat hamil? Tidak perlu khawatir, Bun. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Walau hal normal, Bunda perlu melakukan beberapa trik agar stamina tubuh tetap terjaga selama mengandung si kecil!

Apa yang Menyebabkan Susah Tidur Saat Hamil?

susah tidur saat hamil
Foto: freepik.com

Di trimester pertama kehamilan, Bunda memang akan sering merasa mengantuk dan membutuhkan waktu tidur yang lebih dari biasanya. Namun, di trimester ketiga kualitas tidur Bunda akan menurun. 

Susah tidur saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormon.

Selain hormonal, susah tidur saat hamil juga terjadi karena adanya perubahan gaya hidup, seperti kebutuhan untuk buang air kecil yang lebih sering, frekuensi mual dan muntah yang akhirnya menyebabkan waktu tidur Bunda terganggu.

Ketidaknyamanan saat mengandung seperti sakit punggung, payudara yang membengkak, kram pada kaki, atau napas pendek bisa juga menjadi pemicu tidur Bunda tidak sejenak seperti sebelumnya. 

Kekhawatiran akan kandungan dan bagaimana proses melahirkan, terutama bagi Bunda yang baru pertama kali melahirkan, menyebabkan kelelahan pikiran yang memicu stres juga bisa menjadi faktor lainnya.

Kabar baiknya, kurangnya waktu tidur pada wanita yang sedang mengandung dikatakan tidak membahayakan si kecil.

Bagaimana Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil?

susah tidur saat hamil
Foto: freepik.com

Hal pertama yang Bunda bisa lakukan bila menyadari gejala stres yang dialami menjadi penyebab sulit tidur adalah berbincang dengan suami dan membicarakan tentang masalah yang membebani.

Dengan berbagi dengan suami, Bunda dapat mengurangi satu faktor yang menyebabkan susah tidur, yaitu stres.

Bunda juga dapat melakukan yoga atau meditasi untuk menambah ketenangan pikiran Bunda selama mengandung.

Sejak dini, Bunda dapat mengatur jadwal tidur, dan lakukan dengan konsisten untuk menciptakan kebiasaan tidur yang cukup.

Hindari semua kebiasaan yang dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti bermain telepon seluler saat sudah berada di tempat tidur, menyalakan televisi di kamar.

Bunda perlu tahu, bahwa layar biru pada televisi atau telepon seluler dapat mengganggu ritme sirkadian, yakni jam internal yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh. 

Membaca adalah kebiasaan terbaik sebelum tidur yang Bunda dapat lakukan. Selain itu, mandi air hangat juga dapat menjadi pilihan agar dapat tidur pulas. Pastikan saja air hangat yang digunakan tidak terlalu panas.

Bunda yang banyak beraktivitas saat siang hari akan lebih mudah tidur. Oleh karena itu pastikan Bunda tetap aktif (asal hati-hati agar jangan kelelahan), dan kurangi jam tidur siang. 

Apakah Diet Bisa Membantu Tidur Lebih Baik?

Foto: freepik.com

Untuk dapat membantu agar lebih cepat tidur, Bunda dapat memulai kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat. Makan malam lebih awal dari biasanya dapat membantu untuk cepat tidur. Namun, jangan sampai menyebabkan perut keroncongan saat tidur di malam hari. 

Bunda dapat mengonsumsi camilan bila masih terasa lapar, namun hindari makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena dapat menyebabkan Bunda terjaga sepanjang malam. Camilan dengan kandungan karbohidrat seperti biskuit dikatakan membantu proses tidur lebih cepat.

Minum susu hangat sebelum tidur bisa menjadi solusi agar tidur cepat. Upayakan untuk minum air putih yang cukup sepanjang hari, namun berhenti minum air menjelang tidur.

Kesimpulan

Foto: freepik.com

Mengandung si kecil akan memberikan perubahan baik secara fisik maupun mental pada Bunda. Beberapa hal perubahan ini akan mengganggu kenyamanan Bunda.

Rasa nyaman pada diri sendiri sangat dibutuhkan selama mengandung. Bila payudara Bunda mulai membengkak misalnya, mulai gunakan bra yang lebih nyaman. 

Atau bila kaki Bunda mulai membengkak, gunakan bantal untuk menumpukan kaki, atau mengganjal perut yang mulai membesar atau pinggul yang mulai terasa pegal.

Menempatkan bantal di antara kaki, membantu posisi tulang punggung agar lebih nyaman dan membantu posisi tidur menyamping lebih mudah.

Posisi tidur menyamping lebih disarankan bagi Bunda karana meningkatkan peredaran darah pada jantung, janin, rahim, dan ginjal.

Hindari memikirkan proses mengandung dan melahirkan terlalu sering. Dengan demikian Bunda akan terhindar dari stres yang tidak perlu. Isi kegiatan sehari-hari dengan kegiatan yang Bunda sukai. 

Saat Bunda mengalami susah tidur saat hamil, lebih baik Bunda bangun dari bangun dari tempat tidur dan mencoba mencari kegiatan yang dapat membantu agar segera terlelap daripada hanya menunggu jam berdetak.

Sumber:

Healthline. 2018. How to Kick Insomnia in Early Pregnancy.

Web MD. 2020. Sleep Problems in Pregnancy.

Medline Plus. 2020. Problems Sleeping During Pregnancy.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *