Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Banyak?

ibu hamil makan banyak

Selama ini ada saran yang beredar kalau sebaiknya ibu hamil makan banyak karena makan bukan untuk sendiri tapi untuk berdua. Tumbuh kembang janin di dalam kandungan memang dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi oleh ibu, karena itu anjuran ini ada benarnya.

Namun apakah porsinya jadi dobel atau bisa makan banyak sesuka hati? Nah, ini yang harus Bunda waspadai karena makan berlebihan berpotensi membuat kegemukan dan menimbulkan komplikasi.

Porsi Tepat Ibu Hamil Makan Banyak

ibu hamil makan banyak

Saat hamil, Bunda mungkin akan merasa lebih lapar dibanding saat tidak hamil karena itu boleh makan lebih banyak. Ibu hamil makan banyak di sini berarti jumlah kalorinya yang bertambah, bukan berarti makan kalap dan sesuka hati. 

Jadi istilah makan untuk berdua itu bukan berarti porsinya jadi dobel ya, Bun. Melainkan bahwa nutrisi makanannya harus mencukupi kebutuhan Bunda dan janin. 

Untuk ibu hamil dengan janin tunggal, maka kalori dalam makanan sehari-hari adalah sekitar 1.800- 2.000 kalori per hari. Bertambah 300-350 kalori dibandingkan perempuan yang tidak hamil.

Tambahan 300-350 kalori itu setara dengan gado-gado dengan sedikit bumbu kacang tanpa nasi dan lontong. Tambahan kalori ini mulai berlaku pada trimester dua, lalu bertambah sedikit lagi pada trimester tiga. 

Untuk ibu hamil dengan janin kembar, maka tambahan kalorinya dalam sehari adalah 600 kalori.  

Fokuskan ke Kandungan Nutrisi

ibu hamil makan banyak

Daripada fokus memikirkan tambahan porsi makanan, akan lebih baik jika Bunda memikirkan kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi agar dapat mencukupi kebutuhan Bunda dan bayi.

Sangat disayangkan kalau ibu hamil makan banyak tapi kalorinya kosong alias kandungan nutrisinya sedikit. 

Karena itu, Bunda sebaiknya lebih cermat menyusun menu makanan sehari-hari agar dapat mengakomodir nutrisi-nutrisi yang penting dalam kehamilan. Berikut nutrisi penting untuk ibu hamil:

Protein

Sebanyak 71 gram per hari. Merupakan nutrisi pembangun yang membantu pembentukan organ-organ penting di janin, seperti otak dan jantung.   

Asam folat

Sebanyak 600 mcg per hari. Membantu mencegah cacat tabung saraf, otak, dan tulang punggung janin, serta mendukung tumbuh kembang janin secara keseluruhan. Sebaiknya asam folat mulai dikonsumsi sejak merencanakan kehamilan.

Zat besi

Sebanyak 27 mg per hari. Ibu hamil membutuhkan asupan harian zat besi dua kali lipat lebih banyak daripada perempuan tidak hamil.

Zat besi ini dibutuhkan untuk pembentukan lebih banyak darah, yang akan digunakan untuk menyuplai oksigen ke janin. Suplai zat besi yang cukup juga mencegah ibu hamil menderita anemia defisiensi besi. 

Kalsium

Sebanyak 1.000 mg per hari. Membantu membangun tulang dan gigi janin yang kuat. 

Vitamin A

Sebanyak 770 mcg (2.500 IU) per hari. Membantu membentuk kulit dan penglihatan yang sehat, serta membantu pertumbuhan tulang janin. 

Vitamin D

Sebanyak 600 IU per hari. Dibutuhkan untuk penyerapan kalsium oleh janin yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, serta membantu membentuk kulit dan penglihatan yang sehat.

Yodium

Sebanyak 220 mcg per hari. Membantu perkembangan otak janin yang sehat.

Ibu Hamil Kegemukan dan Komplikasinya

Tak ada larangan ibu hamil makan banyak selama masih dalam penambahan kalori yang dianjurkan. Makan banyak dengan kandungan nutrisi yang tak terkontrol membuat ibu hamil rentan menderita kegemukan (indeks massa tubuh antara 25-29,9) bahkan sampai obesitas (indeks massa tubuh mencapai ≥ 30). 

Obesitas dapat memicu risiko komplikasi kehamilan, di antaranya adalah tekanan darah tinggi, preeklampsia, bayi lahir prematur, dan diabetes gestasional. 

Selain masalah kesehatan pada ibu, obesitas kehamilan juga meningkatkan risiko makrosomia (bayi lahir dengan berat badan di atas 4 kg() sehingga melahirkan harus dengan operasi caesar, cedera saat proses melahirkan, dan adanya cacat lahir. 

Dokter kandungan dan bidan akan merancang pola makan yang sehat dan seimbang untuk Bunda jika ada tanda-tanda kelebihan berat badan akibat ibu hamil makan banyak.

Selain makanan, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan harian ibu hamil yang jumlahnya 2,5 liter per hari atau sekitar delapan gelas.   

Sumber:

American College of Obstetricians and Gynecologists. 2021. Nutrition during Pregnancy.

Mayo Clinic. 2019. Pregnancy Diet: Focus on These Essential Nutrients.

NHS UK. 2020. Have a Healthy Diet in Pregnancy.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi