Bolehkah Makan Mi Instan Saat Hamil?

makan mie instan

Mi instan sudah menjadi santapan sehari-hari yang lazim kita nikmati untuk sarapan, makan siang, bahkan makan malam. Namun bolehkah makan mi instan saat hamil? Apakah ada bahaya di balik mi instan untuk Bunda yang sedang hamil? Simak penjelasan berikut ini.

Mi Instan Tidak Baik untuk Ibu Hamil

Makan mi instan memang nikmat ya, Bun, mudah dibuat dan cita rasanya enak serta mengenyangkan. Apalagi di saat sibuk, mi instan sering menjadi penyelamat kita untuk mengatasi lapar. 

Sayangnya, mi instan bukanlah hidangan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil. Hal ini terutama disebabkan bahwa mi instan pada dasarnya tidak memiliki cukup nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan harian Bunda dan si Kecil di dalam kandungan. 

Padahal, selama tiga trimester, si Kecil sedang dalam masa tumbuh kembang yang membutuhkan kecukupan nutrisi. Apalagi pada trimester pertama, sel-sel saraf dan otak bayi sedang tumbuh dengan pesat. 

Risiko-risiko di Balik Makan Mi Instan Saat Hamil

makan mi instan

Ingatlah Bunda bahwa mi instan juga termasuk junk food alias makanan yang kurang memberi manfaat sehat untuk tubuh, sama halnya dengan burger, kentang goreng, dan makanan cepat saji lainnya.

Makanan-makanan cepat saji seperti ini memiliki kalori tinggi yang hanya berasal dari lemak dan karbohidrat. Berikut ini adalah beberapa risiko di balik mi instan, yaitu:

Tinggi garam

Selama kehamilan, Bunda perlu membatasi asupan garam karena dapat memicu hipertensi. Salah satu risiko komplikasi yang mungkin timbul akibat hipertensi saat hamil adalah preeklampsia yang berbahaya bagi Bunda, juga bagi si Kecil. 

Rendah serat

Makanan yang mengandung serat tinggi baik untuk menjaga fungsi pencernaan. Mi instan adalah salah satu makanan yang kurang mengandung serat dan tidak mudah dicerna oleh lambung.

Sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak, apalagi di saat hamil. Kurangnya serat dapat memicu timbulnya konstipasi yang membuat Bunda akan kurang nyaman.

Mengandung lemak trans

Saat pembuatannya, mi instan melalui proses penggorengan sehingga menyebabkannya mengandung lemak tinggi, termasuk lemak trans yang lebih berbahaya daripada lemak jenuh.

Lemak trans di dalam penelitian dikatakan lebih buruk bagi jantung daripada lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), juga meningkatkan kadar lipoprotein dan trigliserida yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri jantung.

Banyak mengandung bahan kimia

Mi instan adalah makanan yang termasuk memiliki umur simpan yang cukup panjang, karena dikemas dengan menggunakan bahan pengawet.

Selain itu, di dalam mi instan juga ditambahkan pewarna, penguat cita rasa, dan bahan bahan sintetik lainnya yang diproses secara kimia. Bahan-bahan kimia ini dapat menumpuk di dalam tubuh sehingga mengganggu kesehatan. 

Apakah Makan Mi Instan Saat Hamil Dilarang?

makan mi instan

Jawabannya adalah tidak. Bunda tetap boleh makan mi instan saat hamil, namun jumlahnya sangat dibatasi, misalnya satu bulan sekali. 

Pakar nutrisi juga menyarankan bahwa saat mengolah mi instan, tambahkan protein, sayuran, dan bahan lain, misalnya sayuran hijau, brokoli, irisan jamur, wortel, telur, suwiran daging ayam atau irisan daging sapi dan sebagainya, untuk melengkapi nutrisi.

Tips Lebih Aman Makan Mi Instan Saat Hamil

makan mi instan

Jika Bunda mengidam atau ingin makan mi instan sesekali, agar lebih aman dan sehat, lakukan ini:

  • Saat membuat mi instan yang berkuah, jangan gunakan air rebusannya untuk kuahnya. Buang air rebusan mi, lalu seduh mi instan dengan air panas atau air rebusan baru. 
  • Buat kreasi mi rebus yang lebih sehat, misalnya dengan merebus mi instan dengan menggunakan kaldu sayur atau kaldu ayam buatan sendiri. Tambahkan bawang putih, bawang Bombay, merica, dan garam secukupnya agar kuah mi rebus menjadi lebih sedap.
  • Jangan gunakan seluruh bumbu gurih yang ada di dalam kemasan karena tinggi garam dan mengandung MSG. Gunakan bumbu setengah atau sepertiganya saja sehingga asupan garam harian Bunda tidak melampaui batas. 

Sumber:

The Asian Parent. Ibu Hamil Makan Mi Instan, Ini Aturan yang Perlu Diperhatikan.

First Cry Parenting. 2019. Is it Safe to Eat Instant Noodles During Pregnancy?

Baby Center. 2020. Is It Safe to Eat Instant Noodles during Pregnancy?

Nakita. 2018. Ini Kandungan dalam Mi Instan yang Menyebabkannya Berbahaya.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *