Berbagai Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil

manfaat almond untuk ibu hamil

Selain enak, kacang almond ternyata memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Oleh karena itu, kacang almond bisa menjadi bahan camilan sehat bagi Ibu, atau bahkan menjadi bagian dari menu Bunda sehari-hari. 

Apa saja manfaat dari cemilan sehat ini? Dapatkan jawabannya di bawah ini.

Kandungan Kacang Almond 

manfaat almond untuk ibu hamil

Kacang almond adalah makanan yang sarat dengan vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat yang dibutuhkan wanita selama kehamilan. Pada setiap 28 gram kacang almond, terkandung:

  • 3,5 gram serat
  • 6 gram protein
  • 14 gram lemak (9 gram MUFA, 3,5 gram PUFA, dan 1,2 gram SFA)
  • 7 mg vitamin E
  • 76,5 mg magnesium 
  • 1,1 mg zat besi
  • 76 mg kalsium

Dengan banyaknya keuntungan pada kacang almond, tentu Bunda tanpa segan ingin mengonsumsi camilan enak dan sehat ini setiap hari. 

Selain dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat, yang menyenangkan lagi, kini kacang almond banyak dibuat dalam berbagai produk seperti susu maupun selai. Sehingga Bunda memiliki banyak alternatif untuk mengonsumsi kacang almond. 

Namun, tetap hati-hati ya, Bun. Sebab bila mengonsumsi terlalu berlebihan, bisa saja berat badan Bunda malah naik. Karena kacang almond memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 164 kkal per 28 gram (23 butir kacang almond).

Jumlah yang disarankan untuk mendapatkan manfaat kacang almond untuk ibu hamil adalah sebanyak 28-30 gram atau sebanyak 23 biji almond setiap harinya.

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan yang padat nutrisi, tidak dapat dipungkiri lagi kebaikan kacang almond untuk ibu hamil, termasuk beberapa manfaat berikut:

1. Membantu perkembangan otak janin

Vitamin B9 (folat/folic acid) yang terkandung pada kacang almond, membantu perkembangan otak dan sistem neurologis bayi, serta menghindarkan terjadinya risiko cacat pada bayi. Selama kehamilan, Bunda membutuhkan sekitar 400 mcg asam folat.

2. Mengurangi gula darah

Serat pada kacang almond mencegah tingginya kandungan gula dan risiko terjadinya gestational diabetes yang biasa terjadi pada ibu hamil. Serat juga mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan terjadinya preeklampsia, atau kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine.

3. Membantu distribusi oksigen ke janin

Kacang almond juga membantu distribusi oksigen dari ibu ke bayi karena kandungan zat besinya, yang juga berpengaruh pada kesehatan jantung dan imunitas janin.

4. Mencegah naiknya berat badan

Bila dikonsumsi tidak berlebihan, kacang almond justru dapat mencegah naiknya berat badan berlebih yang biasa terjadi pada ibu hamil. Kacang almond dikatakan membuat rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan hormon leptin yang mengurangi nafsu makan. 

5. Membantu pembentukan tulang janin

Kandungan kalsium pada kacang almond yang telah disebutkan di awal, akan membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Kebutuhan kalsium yang tidak terpenuhi, akan mengakibatkan kebutuhan pertumbuhan tulang bayi diambil dari tubuh Bunda, yang akhirnya menyebabkan osteoporosis pada Bunda.

6. Kaya antioksidan

Kandungan vitamin E yang tinggi pada kacang almond, membantu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif dalam tubuh. Kerusakan ini bisa terjadi bila terlalu banyak radikal bebas yang menumpuk.

Amankah Makan Kacang Almond Mentah Saat Hamil?

manfaat almond untuk ibu hamil

Kehamilan membuat Bunda harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Larangan yang sering kita dengar adalah larangan ibu hamil untuk makan segala jenis makanan mentah seperti ikan, kerang, daging, dan juga telur setengah matang dan mentah. 

Namun, tidak seperti makanan mentah tersebut, kacang almond mentah tidak berbahaya bagi ibu hamil. Makan kacang almond yang telah dipanggang hanya akan membuat rasa dari kacang almond terasa lebih unik dibanding dengan almond mentah.

Bunda juga dapat mengonsumsi kacang almond sebagai tambahan topping sereal setiap Bunda sarapan untuk mendapatkan manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Almond juga cocok menjadi campuran selai atau campuran salad. 

Benarkah  Kacang Almond Mengakibatkan Alergi?

Dulu, National Health Service of UK, pernah melarang ibu hamil dengan riwayat alergi, asma, eksem untuk menghindari kacang almond. Namun, penelitian terbaru telah membuktikan bahwa kacang almond sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, dan tidak akan mengakibatkan alergi pada bayi. 

Kacang-kacangan pada umumnya justru sangat direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists karena kandungan proteinnya yang tinggi dan tentu saja berbagai manfaat lainnya!

Sumber:

Mom Junction. 2021. 8 Health Benefits Of Raw And Soaked Almonds During Pregnancy.

Sehatq. 2020. Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Orami. 2020. 8 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Penuh Gizi!

News-Medical. 2019. Benefits of Nut Consumption During Pregnancy.

Healthy Eating. 2018. Is It Safe to Eat Raw Almonds During Pregnancy?

Masala Monk. 2011. 7 Benefits of Almonds During Pregnancy.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *