Ini 8 Buah yang Bagus Untuk Ibu Menyusui

Persiapan menyusui sebaiknya dilakukan bahkan sebelum bayi lahir. Dan elama menyusui, Bunda disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang, termasuk mengonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan bisa menjadi sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk ibu menyusui dan produksi ASI. Dari sekian banyak buah, jenis seperti apa yang yang bagus untuk ibu menyusui?

Rekomendasi  Buah untuk Ibu Menyusui

buah yang bagus untuk ibu menyusui

Semua buah, seperti yang sudah Bunda diketahui mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ASI. Semakin sering Bunda mengonsumsi buah, nutrisi baik buah akan banyak diserap Si Kecil. Karena setiap asupan yang Bunda makan, akan dialirkan ke bayi melalui ASI.

Dibanding negara beriklim dingin, Indonesia dikaruniai oleh banyak jenis buah tropis yang terasa segar dan nikmat. Namun, bagi ibu menyusui, rasa tentu bukan yang utama,

Bagi ibu menyusui, mengetahui kandungan nutrisi buah yang tepat dan bermanfaat bagi bayi menjadi lebih penting. Walau, tidak ada salahnya juga mengonsumsi buah yang nikmat sekaligus terbaik untuk ibu menyusui seperti berikut:

1. Pisang

Sebagai buah yang populer, pisang tidak hanya nikmat namun mengandung banyak serat yang mengurangi risiko konstipasi. Pisang bagi ibu menyusui sangat menguntungkan karena kandungan potasium, yang dapat mengatur cairan dan kandungan elektrolit pada tubuh.

2. Alpukat

Sama seperti pisang, alpukat mengandung potasium yang baik bagi ibu menyusui. Alpukat juga sangat baik untuk kesehatan mata, rambut, dan jantung bayi.

3. Melon jingga

Buah yang mengandung banyak air ini mengandung vitamin K, vitamin B, serat, potassium, magnesium, niacin, thiamin dan asam folat

4. Sawo

Sawo mengandung kalori, dan hal ini baik bagi ibu menyusui. Sawo juga mencegah peradangan dan mengandung anti bakteri yang baik bagi ibu menyusui.

5. Pepaya hijau

Pepaya hijau memiliki kandungan yang dapat merangsang produksi ASI. Selain itu, mengonsumsi pepaya hijau juga mengurangi risiko dehidrasi, yang penting untuk ibu menyusui.

Pepaya hijau mengandung vitamin C yang menjadikan pepaya pencahar alami yang dapat mencegah konstipasi dan masalah pencernaan.

6. Buah ara

Selain mineral, magnesium, kalsium, zat besi, dan potasium, buah ara juga mengandung  serat, vitamin K, dan vitamin B6.

7. Aprikot

Aprikot mengandung fitoestrogen yang berfungsi mengatur produksi hormon susu dan melancarkan ASI. Bunda dapat mengonsumsinya 2 hingga 4 aprikot setiap hari, untuk memenuhi kecukupan nutrisi di dalamnya.

8. Blueberry

Buah ini dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Bunda dapat mengonsumsi blueberry secara langsung atau dijadikan jus agar lebih nikmat.

Batasi Konsumsi Buah-buah Ini 

makan nanas

Walau bernutrisi, beberapa buah berikut ini perlu dibatasi konsumsinya selama menyusui karena mengakibatkan beberapa dampak pada Si Kecil. Tindakan preventif sebaiknya memang dilakukan agar tidak menimbulkan gangguan pada Si Kecil.

Jeruk, kiwi, nanas, lemon, jeruk nipis, jeruk bali

Beberapa buah tersebut memiliki kandungan asam yang tinggi dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada Si Kecil.  

Ceri 

Buah ceri aman dikonsumsi Bunda dalam jumlah sedang, namun jangan berlebih. Karena sistem pencernaan bayi yang belum kuat, ceri dapat menyebabkan masalah lambung.

Stroberi

Stroberi memiliki kandungan gula yang tinggi, yang tidak baik bagi bayi karena belum memiliki kemampuan insulin yang baik untuk memecah gula dalam tubuh sampai usia 3 tahun.

Sayuran untuk Ibu Menyusui

manfaat daun katuk untuk ibu menyusui

Selain buah, Bunda dapat mengonsumsi sayuran yang juga mendukung masa menyusui sehingga produksi ASI terjamin. 

Beberapa sayuran yang baik Bunda konsumsi selama hamil meliputi:

Daun katuk

Daun katuk menjadi salah satu sayuran yang dikenal sebagai makanan pelancar ASI yang ampuh.

Penelitian yang dilakukan, membuktikan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi daun katuk sebanyak 3 x 300 mg per hari selama 15 hari terus menerus, menunjukkan adanya kenaikan produksi ASI sebanyak 50,7%. 

Kale

kale adalah salah satu sayuran yang menyehatkan. Kale mengandung berbagai nutrisi untuk memperbanyak ASI seperti zat besi, folat, dan kalsium. Selain itu, sayuran ini juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin yang dianggap ampuh menambah produksi ASI.

Bayam

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) bahkan merekomendasikan bayam sebagai sayuran pelancar ASI karena mengandung kalium dan vitamin A.

Wortel

Kandungan fitoestrogen yang dimiliki sayuran ini dipercaya memiliki efek laktogenik yang bisa meningkatkan produksi ASI. 

Buah adalah salah satu makanan alami yang  tidak hanya bermanfaat, namun aman dikonsumsi oleh Bunda yang menyusui. Sehingga Bunda tidak perlu khawatir akan kandungannya.

Bila Bunda tidak menyukai buah, Bunda memang dapat saja memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. Namun, akan lebih baik bila mengonsumsi langsung buah-buahan yang segar.

Bunda dapat mengakali keengganan Bunda akan buah dengan menyajikannya dalam berbagai sajian seperti jus, salad, atau rujak. 

Demi nutrisi yang cukup pada kandungan ASI, rasanya Bunda perlu mulai untuk menyukai buah yang bagus untuk ibu hamil, ya, Bun!

Sumber:

SehatQ. 2020. Sayuran Pelancar ASI yang Wajib Dicoba Ibu Menyusui.

First Cry Parenting. 2019. Fruits to Eat and Avoid During Breastfeeding.

Kidspot. 2019. 8 Fruits to Eat When You’re Breastfeeding for Better Milk Production.

The AsianParent. Hati-hati, Bun. Buah ini berbahaya bila Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *