Wow, Ternyata Ada 12 Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

manfaat melon untuk ibu hamil

Melon termasuk buah favorit masyarakat Indonesia, termasuk ibu hamil. Selain memiliki rasa segar dan manis, melon juga dijual dengan harga murah dan mudah didapatkan di mana saja, termasuk pasar swalayan yang banyak menyediakan melon potong. 

Rasa yang enak, membuat melon banyak dikonsumsi tanpa tahu pasti manfaatnya. Sebenarnya, apa sih, manfaat melon untuk ibu hamil?

Kandungan Melon

manfaat melon untuk ibu hamil

Melon adalah buah yang termasuk dalam spesies cucumis melo. Daging melon hijau yang populer di Indonesia biasanya berwarna hijau muda, sedangkan kulitnya berwarna putih-kuning. 

Selain melon hijau, melon memiliki beragam jenis lain yang memiliki variasi bentuk dan warna seperti cantaloupe, casaba, ananas, cavaillon, dan lainnya.

Meskipun melon dikenal karena rasanya yang nikmat, melon juga bergizi dan dapat memberikan segudang manfaat. Kandungan gizi melon termasuk yang paling beragam bila dibandingkan dengan buah-buahan sejenisnya. 

Buah berdaging lembut ini juga tinggi kandungan air. Bahkan, hampir 90% dari daging buah melon adalah air.

Dalam 100 gram potongan melon mengandung:

  • Energi: 36 kkal
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,15 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 9 gram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,01 miligram
  • Niacin (vitamin B3): 0,4 miligram
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 0,16 miligram
  • Vitamin B6: 0,09 miligram
  • Vitamin C: 18 miligram
  • Kalsium: 6 miligram
  • Besi: 0,17 miligram
  • Fosfor: 11 miligram
  • Kalium: 228 miligram
  • Natrium: 18 miligram
  • Zinc: 0,09 miligram

Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

manfaat melon untuk ibu hamil

Buah adalah makanan yang penting dikonsumsi saat Bunda hamil. Melon, tidak hanya memberikan beragam nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, namun juga memberikan rasa yang segar dan manis.

Jadi seharusnya, mengonsumsi melon bukanlah sebuah paksaan seperti yang mungkin terjadi saat Bunda harus makan sayuran pahit yang sama bergunanya bagi kehamilan.

Agar Bunda makin yakin akan nutrisi pada melon, berikut segudang daftar manfaat melon untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat tabung

Tabung saraf bayi yang berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang terbentuk selama trimester pertama.

Konsumsi melon yang kaya asam folat menambah dosis harian vitamin B9 yang dibutuhkan ibu dan membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi. Hal ini adalah salah satu manfaat paling penting dari makan melon selama kehamilan.

2. Menguatkan tulang anak

Melon kaya akan kalsium dan fosfor. Makan melon memperkuat tulang bayi. Kalsium adalah elemen yang sangat penting bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Fosfor cukup bermanfaat untuk pembentukan protein dan keseimbangan hormonal. 

3. Melindungi dari penyakit infeksi

Melon kaya akan vitamin C. Asupan vitamin C selama kehamilan sangat membantu dalam melawan infeksi seperti batuk, pilek, dan flu. Minum jus melon menyediakan banyak vitamin C dalam tubuh.

4. Terhindar dari sembelit

Sembelit sering terjadi selama kehamilan. Melon bisa menjadi salah satu pilihan sumber serat untuk mengurangi risiko terjadinya sembelit.

5. Terhindar dari anemia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 40,1% wanita hamil di seluruh dunia mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Melon membantu memproduksi hemoglobin yang meningkatkan kadar zat besi pada wanita hamil. 

6. Mencegah pembekuan darah

Salah satu komplikasi yang dapat timbul selama kehamilan adalah penggumpalan darah. Meskipun sangat jarang, konsumsi melon membantu mengencerkan darah dan mencegah pembekuan tersebut.

7. Meningkatkan kekebalan

Melon mengandung karotenoid yang berperan sebagai antioksidan dan mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan ini membantu dalam pembentukan sel-sel baru dan juga dalam meningkatkan kekebalan ibu dan bayi.

8. Mengatasi kaki kram 

Banyak ibu hamil yang mengalami kram pada kaki, terutama pada malam hari. Kram kaki terjadi karena kekurangan kalium, dan melon membantu melengkapi tubuh dengan mineral yang sangat dibutuhkan.

9. Mengembangkan penglihatan bayi

Mata bayi mulai berkembang pada trimester pertama kehamilan. Mengonsumsi sumber vitamin A yang baik seperti melon sangat mengurangi risiko kelainan penglihatan pada janin.

10. Mengatur tekanan darah

Selama kehamilan, banyak ibu cenderung mengalami tekanan darah yang dapat menyebabkan komplikasi. Melon mengandung campuran garam mineral esensial yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga hipertensi tetap terkendali. 

11. Membantu pemulihan pasca melahirkan

Tubuh ibu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pulih dari proses persalinan. Vitamin A yang ada dalam muskmelon, bila dikonsumsi selama kehamilan, disimpan di hati yang sangat menambah proses pemulihan Bunda.

12. Sumber energi

Meskipun bukan makanan berkalori tinggi, melon adalah sumber karbohidrat yang baik yang dibakar untuk diubah menjadi energi. Selama kehamilan, ini memberikan energi yang sangat dibutuhkan untuk mendorong aktivitas bayi dan ibu.

Untuk menghindari terjadinya listeria atau infeksi akibat makanan dan minuman, Bunda disarankan mencuci dan membersihkan melon dengan benar sebelum dikonsumsi.  

Selama Bunda mengonsumsi dalam tahap wajar dan menjaga kebersihan melon sebelum mengonsumsinya, Bunda akan mendapatkan banyak sekali manfaat melon untuk kehamilan!

Sumber:

Alodokter. 2020. Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil Ternyata Banyak, Lho!

Be Body Wise. 2021. Muskmelon During Pregnancy.

First Cry Parenting. 2018. Consuming Muskmelon (Kharbuja) During Pregnancy.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *