5 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Menyusui

manfaat alpukat untuk ibu menyusui

Buah alpukat adalah salah satu sumber nutrisi yang baik untuk ibu menyusui, lho Bun. Simak manfaat alpukat untuk ibu menyusui dan nutrisi di balik buah yang luar biasa ini.

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Buah berkulit hijau ini memang tidak asing karena mudah didapatkan di sekitar kita, ya, Bun.

Buah lunak dan creamy ini lazim dinikmati dalam bentuk jus dengan dicampur gula merah atau sirup cokelat, atau campuran es teler. Maupun yang akhir-akhir ini menjadi tren adalah menjadi topping roti bakar, sebagai alternatif menu sarapan yang lebih sehat.  

Ternyata di balik kelezatan cita rasanya, alpukat mengandung banyak nutrisi, di antaranya:

Protein

Alpukat menyediakan 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Protein di dalam buah alpukat mudah dicerna dan kaya serat makanan yang baik untuk membantu proses pencernaan.

Asam lemak esensial

Alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah (HDL). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Karotenoid

Alpukat kaya akan karotenoid dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Karotenoid membantu dalam penyerapan nutrisi, juga membantu tubuh menyerap vitamin A secara lebih baik. Karotenoid juga berperan dalam membantu menjaga sistem imun dan menjaga fungsi sistem reproduksi.

Vitamin dan mineral

Beberapa vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin C, vitamin K, asam folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6.

Tak salah bila buah alpukat juga termasuk dalam daftar superfood alias makanan-makanan yang kaya manfaat sehat. 

Manfaat Alpukat untuk Ibu Menyusui

puting lecet menyusui

Saat menyusui, Bunda perlu memastikan produksi ASI selalu lancar dan berkualitas. Apalagi dalam enam bulan pertama sebagai masa ASI eksklusif, si Kecil perlu mendapatkan asupan terbaik agar tumbuh kembangnya optimal.

Bagi ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui, saat mengonsumsi alpukat manfaat yang bisa didapatkan di antaranya:

Membantu mengendalikan berat badan pascamelahirkan

Perpaduan serat makanan dan lemak baik di dalam buah alpukat bisa membantu Bunda merasa kenyang lebih lama. Karenanya, Bunda akan terbantu untuk tidak mengemil atau makan secara berlebihan.

Menjaga sistem imun

Bunda menyusui rentan mengalami penurunan sistem imun karena tubuh mudah lelah. Alpukat mengandung antioksidan alami, glutathione, juga vitamin A, C, dan E, yang baik untuk menjaga sistem imun.

Membantu mengendalikan tekanan darah

Bunda menyusui yang kelelahan atau yang memiliki riwayat preeklampsia saat hamil rentan mengalami tekanan darah tinggi.

Alpukat mengandung kalium tinggi yang baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah, menjaga kinerja sel, sistem saraf, juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Membantu mengatasi sembelit

Sembelit adalah salah satu kondisi yang kerap dialami Bunda menyusui karena ketidakstabilan hormon dan kurangnya asupan serat.

Alpukat kaya serat makanan yang dapat membantu memperlancar BAB, sehingga Bunda terhindar dari masalah sembelit. 

Baik untuk menjaga kesehatan kulit

Bunda dan si Kecil dapat merasakan manfaat buah alpukat yang kaya vitamin E, berupa kulit yang lebih sehat, lembut, dan berseri. 

Tips Aman Makan Buah Alpukat

manfaat alpukat untuk ibu menyusui

Meski buah alpukat kaya manfaat sehat, bukan berarti Bunda bisa mengabaikan asupan sehat yang lain, ya. Batasi buah alpukat kira-kira paling banyak satu buah setiap hari.

Berikut ini adalah beberapa tips makan buah alpukat yang aman untuk ibu menyusui:

  • Variasikan buah alpukat dalam menu makanan Bunda, misalnya sebagai campuran salad, jus, smoothies, atau sebagai cocolan gurih.
  • Agar tidak membosankan, Bunda bisa membagi-bagi porsi buah alpukat yang Bunda makan, misalnya setengah buah di pagi hari dan setengah di siang hari.
  • Pilih buah alpukat yang matang sempurna, agar daging buahnya lebih enak dan lembut. 
  • Bila alpukat dicampur sebagai jus atau es, batasi jumlah gula, sirup, maupun susu yang digunakan sehingga kalorinya tidak melambung.

Pastikan asupan sehari-hari tetap seimbang dan sehat, agar ASI Bunda berkualitas dan proses menyusui berjalan lancar.

Sumber:

Halo Doc. 2020. 7 Nutrisi Hebat Alpukat untuk Kesehatan.

Klik Dokter. 2020. Mau Produksi ASI Lancar, Alpukat Kabarnya Cocok untuk Ibu Menyusui!

Kompas. 2020. Fakta Nutrisi Alpukat yang Menjadikannya Superfood.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *