Amankah Makan Mangga Muda saat Hamil Muda?

makan mangga muda

Ngidam makanan merupakan hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil. Bentuknya pun beragam, mulai dari makanan kesukaan, makanan yang sama sekali belum pernah dimakan, bahkan ada makanan yang tidak disukai sebelum hamil. Salah satu makanan yang sering jadi idaman ibu-ibu hamil adalah makanan asam, termasuk mangga muda. 

Rasanya yang dominan asam, kadang sedikit manis, membuat mangga ini sangat disukai untuk membantu menghilangkan rasa mual. Namun sebenarnya, aman tidak ya, mengonsumsi makanan asam seperti ini saat hamil?

Ngidam Makanan dan Dugaan Penyebabnya

makan-mangga-muda

Ngidam biasanya dimulai pada trimester pertama, mencapai puncaknya pada trimester kedua, dan mereda pada trimester ketiga, bahkan ada yang hilang sama sekali.

Ada ibu hamil yang ngidam hanya satu jenis makanan, misalnya mangga muda, tapi ada juga yang beberapa jenis makanan sekaligus. 

Jenis makanan yang jadi idaman bervariasi. Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, ibu hamil di sana kebanyakan ngidam buah-buahan, sayuran yang dibuat acar (pickles), makanan manis, es krim, makanan cepat saji, dan produk susu (dairy).

Tak ada yang punya alasan jelas tentang terjadinya ngidam pada ibu hamil, tapi ada beberapa dugaan yang menjadi penyebabnya. 

Ada teori yang menyatakan bahwa mengidam merupakan salah satu cara tubuh ibu hamil menyampaikan bahwa ada kekurangan nutrisi yang harus dipenuhi. Jadi bukan makanannya yang dibutuhkan melainkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Misalnya, jika ingin makan es krim, bisa jadi ibu hamil sedang butuh tambahan kalsium atau lemak (dari susu). Namun sampai saat ini belum terbukti adanya hubungan antara mengidam dengan kekurangan nutrisi. 

Teori lain menyatakan bahwa mengidam merupakan efek dari perubahan hormon yang berlangsung cepat di tubuh ibu hamil. 

Mengidam juga disebut dipicu keinginan akan rasa nyaman yang diberikan oleh makanan tersebut ke tubuh ibu hamil yang sedang mengalami banyak perubahan.

Inilah alasan yang pas mengapa ibu yang sedang hamil muda banyak yang mengidam makan mangga muda atau makanan asam lainnya, karena dapat membantu mengurangi rasa mual terutama akibat morning sickness, sehingga tubuh merasa nyaman. 

Manfaat Makan Mangga Muda bagi Ibu Hamil 

Makan buah mangga, termasuk mangga muda, saat hamil tak hanya untuk mengurangi rasa mual, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Dalam 100 gram mangga terdapat 60 kkal kalori dengan kandungan karbohidrat 15 gram, serat makanan 1,6 gram, dan gula total 13,66 gram. 

Nutrisi mikro yang terkandung dalam buah mangga di antaranya adalah kalsium 11 mg, zat besi 0,16 mg, magnesium 10 mg, vitamin A 1.082 IU, vitamin C 36,4 mg, dan folat 43 mikrogram. 

Nutrisi-nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan membantu pertumbuhan janin. Misalnya, kandungan serat yang tinggi membantu masalah sembelit yang umum diderita ibu hamil. 

Selain itu, kandungan vitamin A dan C (yang merupakan antioksidan) yang tinggi membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat membuat ibu hamil menderita preeklampsia, pertumbuhan janin terhambat, dan ketuban pecah dini. Adapula kandungan folat yang sangat bermanfaat untuk membentuk tabung saraf bayi.

Ibu Hamil Tidak Dilarang Makan Mangga Muda, Asalkan…

Dengan kandungan nutrisi mangga yang bermanfaat untuk ibu hamil, maka tidak ada larangan untuk makan mangga, termasuk mangga muda. Namun tentu saja, hindari makan berlebihan karena dapat memicu peningkatan asam lambung.

Selain itu, jangan karena alasan mengidam, maka makanan yang Bunda konsumsi sebagian besar hanya mangga muda. Ini bisa membuat Bunda kekurangan nutrisi lain akibat makanan tidak bervariasi.

Biasakan untuk mencuci mangga (serta tangan Bunda) sebelum dikupas dan dimakan. Begitu juga dengan pisau yang digunakan untuk mengupas, pastikan kebersihannya. Jika ada bagian buah yang busuk, sebaiknya dibuang karena bisa jadi sudah terkontaminasi bakteri.  

Sumber:

Orloff. Natalia C, et al. Pickles and Ice Cream! Food Cravings in Pregnancy: Hypotheses, Preliminary Evidence, and Directions for Future Research. Front Psychol. 2014; 5: 1076. Published online 2014 Sep 23. 

Web MD. 2008. Pregnancy Cravings: When You Gotta Have It!

Klikdokter. 2020. Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil.

The Indian Express. 2021. Can you eat mangoes when pregnant? A doc answers.

Mango. 2019. Is Mango Safe During Pregnancy?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *